menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan Berapa Lama Masa Inkubasi COVID-19? Ini Jawabannya

Berapa Lama Masa Inkubasi COVID-19? Ini Jawabannya

Berapa Lama Masa Inkubasi Covid 19
Berapa Lama Masa Inkubasi Covid 19

Di masa pandemi saat ini, kita harus mengetahui informasi mengenai masa inkubasi COVID-19. Hal ini agar kita bisa terhindar dari penularan virus Corona. Seperti diketahui, masa inkubasi dimulai ketika seseorang pertama kali tertular virus sampai akhirnya menimbulkan gejala.

Masa inkubasi merupakan titik terakhir penularan, karena seseorang yang sudah terinfeksi virus tetap bisa menularkan virus Corona kepada orang lain walaupun tidak ada gejala. Bahkan untuk pasien yang memiliki gejala, salah satu fase yang paling bisa menularkan adalah beberapa hari sebelumnya adanya gejala.

Karena hal itu, ada baiknya selama masa inkubasi COVID-19 disarankan untuk mengisolasi diri di rumah. Kalau kamu tidak mengetahui apakah seseorang sudah terinfeksi dan tidak ada gejala, sehingga isolasi yang disarankan adalah setelah berkumpul di lokasi atau tempat yang ramai.

Baca Juga: Beredar Kabar Vaksin COVID-19 Bisa Perbesar Alat Kelamin, Benarkah?

Jangka Waktu Masa Inkubasi COVID-19

Menurut penelitian yang dilakukan, masa inkubasi COVID-19 para umumnya selama 5 hari. Tim peneliti melakukan penelitian terhadap 138 pasien COVID-19 yang ada di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, China dimulai saat masa awal pandemi.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Alasan Pria Lebih Cepat Tertular COVID-19
Waktu Pemulihan Virus Corona
foto: alodokter.com

Dan hasilnya menunjukkan, gejala awal seperti sesak napas atau gejala lainnya muncul setelah waktu lima hari masa inkubasi. Hal tersebut juga serupa juga dengan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang membuktikan kalau masa inkubasi COVID-19 terjadi selama empat atau lima hari.

Berdasarkan penelitian lain yang dilansir dari Harvard Medical School, memperkirakan waktu inkubasi selama 3 sampai 14 hari. Tanda infeksi karena virus biasanya timbul setelah 4 hingga 5 hari selepas terinfeksi, dan kemungkinan dapat ditularkan pada orang lain selama 2 hari sebelum gejala datang.

Akan tetapi, pada kasus lainya rata-rata masa inkubasi memerlukan waktu sampai 27 hari setelah ekfenya timbul.

Baca Juga: 5 Tips Aman Menginap Di Hotel Saat Pandemi Covid-19

Lama Gejala Dirasakan

Kebanyakan kasus gejala pertama yang dirasakan seseorang terinfeksi virus Corona seperti demam, anosmia, batuk, atau mudah lelah. Sekitar 85 persen pasien, gejala-gejala tersebut akan hilang dalam waktu minimal tujuh hari, namun bisa saja lebih tergantung kondisi kesehatan pasien.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Alasan Mengapa COVID-19 Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental Perempuan
Inkubasi Covid 19
foto: sehatq.com

Pasien yang kondisinya parah seperti sampai mengalami sesak nafas akan dapat berkembang selama 7-10 hari. Dan untuk pasien yang mengalami gejala ini akan dianjurkan melakukan perawatan intensif pada hari ke-10.

Waktu masa pemulihan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasien yang terpapar virus memerlukan waktu setidaknya dua sampai enam minggu masa pemulihan. Namun juga tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan metode pengobatan yang dilakukan.

Baca Juga: Syarat Naik Pesawat Terbang Domestik Selama Pandemi COVID-19

Pada kasus terparah, waktu pemulihan yang dibutuhkan sekitar 3-6 minggu, sedangkan kasus ringan memerlukan waktu 2-3 minggu saja. Karena itulah, ketika masa inkumasi Covid-19 selama 2-14 hari harus dilakukan pengecekan terhadap perkembangan gejala virus yang muncul saat terinfeksi.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks