menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan Cara Menyembuhkan Cegukan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Cegukan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Cegukan Secara Alami

Cegukan adalah keadaan dimana diafragma berkontraksi secara tiba-tiba, bisa disebabkan oleh makan makanan yang suhunya ekstrem, makanan dalam porsi terlalu besar dan tiba-tiba diharuskan untuk minum.

Cegukan juga bisa menjadi hal yang sangat mengganggu kan? Apalagi saat keadaan dimana mengharuskan kita untuk berbicara. Dalam keadaan itu cegukan adalah hal yang harus dihindari. Nah cegukan juga bisa disembuhkan secara alami. Mau tau caranya? Yuk disimak!

Cara Menyembuhkan Cegukan secara Alami

1. Minum air dingin sedikit-sedikit

Minum air dingin ternyata mampu meredakan cegukan lho guys, karena ketika kita meminum air dingin, itu dapat menstimulasi tenggorokan. Cobalah untuk meminum air dingin agar cegukan sembuh.

2. Menahan napas sebentar

Bagi beberapa orang, menahan nafas adalah hal yang efektif untuk menyembuhkan cegukan, maka dari itu saat kamu sedang cegukan, cobalah untuk menahan nafas selama beberapa detik. Lakukan berulang kali, sampai dirasa berpengaruh atau tidak.

3. Menggigit lemon

Beberapa dokter dan praktisi medis menyarankan orang yang cegukan untuk meminum obat medis, namun itu hanya disarankan untuk yang sudah parah. Menggigit lemon bisa dilakukan sebagai obat alami cegukan daripada obat medis yang lain.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Lalat di Dalam Rumah

4. Menelan butiran gula

Image result for makan gula"

Cegukan dapat disembuhkan dengan menelan butiran-butiran gula. Saat kamu sedang mengalami cegukan, cobalah untuk menelan butiran gula, lalu cegukanmu akan berhenti secara perlahan-lahan.

5. Menelan sedikit cuka

Image result for cuka"

Menelan sedikit cuka juga menjadi cara untuk menyembuhkan cegukan secara alami. Cuka dapat membantumu untuk menghilangkan cegukan secara perlahan, dengan menelannya sebanyak satu sendok teh. Dicoba ya guys!

6. Bernapas menggunakan kantong kertas

Image result for Bernapas menggunakan kantong kerta"

Bernafas menggunakan kantong kertas ini dapat membuat cegukan terhenti secara perlahan. Selain itu, bernafas menggunakan kantong kertas juga bisa membuat pernafasan menjadi rileks.

7. Kompres dada dengan air hangat

Image result for kompres dada"

Mengompres dada dengan air hangat dapat membuat cegukan terhenti, anda hanya harus melakukannya saat terkena cegukan. Lakukanlah dengan teratur agar cegukan terhenti.

Nah guys! Itulah cara alami mengatasi cegukan. Namun. jika cegukan dirasa sudah parah, maka cobalah untuk meminta resep dari dokter, atau periksa kesehatan di rumah sakit agar diketahui penyebabnya.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks