Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

in
Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami
Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami | Source: halodoc.com

Tentu kalian pernah mengalami sariawan kan? Sariawan bisa muncul di bagian dalam mulut, bibir, lidah atau gusi. Tentu saja ini sangat menggangu karena membuat kita malas berbicara.

Sariawan juga dapat menyebabkan mulut kering, lalu bau mulut pun muncul. Makan jadi tidak nyaman apalagi saat makanan tersebut mengenai sariawan yang ada, rasanya pasti akan sangat perih.

Nah sariawan tidak hanya bisa diobati dengan medis saja lho. Namun ada beberapa cara alami yang bisa mengatasi sariawan. Penasaran? Langsung aja yuk dibaca!

Inilah cara menyembuhkan sariawan secara alami

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile
Teh Chamomile | hello sehat

Teh Chamomile dapat membantu anda untuk menyembuhkan sariawan secara alami lho guys. Anda hanya harus memasukan teh Chamomile kering kedalam handuk yang permukaannya lembut, lalu masukkan kedalam air dingin selama lima menit dan kemudian angkat.

Kompres sariawan dengan handuk yang sudah dimasukkan teh Chamomile tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Minyak zaitun atau minyak kelapa

Minyak Zaitun & Minyak Kelapa
Minyak Zaitun & Minyak Kelapa | klikdokter

Minyak zaitun dan minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan sariawan.

ARTIKEL TERKAIT •
Kucing Menangis Bukan Pertanda Dia Sedang Sedih

Kamu dapat menggunakannya dengan cara meneteskan minyak kelapa atau minyak zaitun ke sariawan yang ada. Bisa juga dengan mencampurkan minyak zaitun dengan air mineral, lalu semprotkan pada sariawan yang ada.

3. Madu

Kamu tentu tahu kan bahwa madu memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sariawan.

Ini dapat dilakukan dengan mengoleskan madu ke sariawan dengan menggunakan Cutton Bud bersih. Karena madu memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dan juga bisa membunuh bakteri.

4. Lidah buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya |liputan6.com

Gel lidah buaya yang dingin akan meminimalisir rasa sakit saat sariawan. Gel lidah buaya juga mengandung bahan aktif yang dapat membunuh bakteri dan kuman dimulut.

Caranya dapat dengan mencampurkan gel lidah buaya dan air mineral, lalu kemudian dioleskan pada sariawan yang ada, diamkan beberapa saat, lalu kumur-kumur.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt bisa membantu mengurangi atau membasmi sariawan. Kandungan pada yogurt dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sariawan.

6. Garam

Garam
Garam | cnnindonesia

Berkumur dengan air garam juga merupakan salah satu cara mengatasi sariawan. Bila ingin efektif, maka langsung saja tempelkan garam ke sariawan yang ada. Rasanya sedikit perih.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menstruasi Lancar, Wanita Harus Tau

7. Pasta cabai

Pasta Cabai
Pasta Cabai | kumparan.com

Mengoleskan pasti cabai ke sariawan juga merupakan salah satu cara mengatasi sariawan. Rasanya akan pedas dan perih, maka dari itu ini disarankan untuk orang-orang yang tahan pedas saja.

Nah guys! Silahkan dicoba! Jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberi komentar dikolom komentar ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini