Bahan-Bahan Alami Penghilang Komedo

in
Bahan-bahan alami penghilang komedo

Komedo disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori dan minyak yang berlebih pada kulit disekitar hidung. Komedo ada yang berwarna hitam dan putih, tentu yang lebih mengganggu adalah komedo berwarna hitam karena sangat terlihat.

Komedo putih biasanya dipicu perubahan hormon, masalah itu bisa muncul pada pubertas, haid, menopause dan sebagainya. Sedangkan komedo hitam biasanya muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan sel-sel kulit mati.

Memencet hidung untuk mengeluarkan komedo sebenarnya tidak boleh dilakukan, karena hal itu bisa menyebabkan pori-pori hidung melebar dan kotoran masuk, sehingga menyebabkan jerawat.

Nah berikut ini adalah bahan alami yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan komedo.

Inilah Bahan-Bahan Alami Penghilang Komedo

1. Lidah buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk rambut, mencegah jerawat, dan juga bisa untuk menghilangkan komedo.

Lidah buaya ini dapat memperkecil pori-pori dan mencegah produksi minyak yang berlebihan pada kulit.

Kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan komedo dengan cara memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil, lalu kupas kulitnya. Kupas kulitnya dengan hati-hati dan jangan sampai daging atau gelnya terbuang percuma.

ARTIKEL TERKAIT •
Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan Atau Setelah Sarapan Ya?

Setelah dikupas, haluskan gel lidah buaya lalu oleskan pada hidung atau seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Dengan sensasi mint yang dimilikinya, pasta gigi dapat membantu menghilangkan komedo. Karena sensasi mint itu dapat membuat kotoran keluar dari pori-pori dan lebih mudah mengeluarkan komedo dari pori-pori.

Dapat kamu lakukan dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan hidung, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah kering, beri air sedikit dan pijat dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air bersih.

Setelah menggunakan pasta gigi, kamu dapat mengoleskan hidung dengan es batu agar pori-pori kembali tertutup, lalu gunakan pelembab.

3. Tomat

Tomat

Kandungan antibakteri pada tomat dapat membantu menyelesaikan masalah pada kulit. Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, tomat juga mengandung karoten yang merupakan antioksidan.

Dengan ini, menghilangkan komedo dengan tomat adalah pilihan yang bagus karena melihat kandungan juga manfaat yang ada.

Kamu dapat menggunakannya dengan mengiris tomat menjadi 4 bagian dan bisa kamu tempelkan pada kulit, atau dihaluskan menjadi masker, jangan sampai terkena mata, karena mata akan perih. Lalu diamkan selama 20-30 menit, dan kemudian bilas dengan air es agar pori-pori tertutup kembali.

ARTIKEL TERKAIT •
Covid-19 Menjadi Pandemi, Apa Bedanya Dengan Wabah Dan Endemi?

Untuk hasil yang maksimal, lakukan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu seminggu. Dengan begitu, komedo akan mudah diatasi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini