Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

in
Tidur Siang Bikin Pusing
Credit Picture: Hello Sehat

Terkadang kita bisa merasa pusing sesaat setelah kita bangun tidur. Padahal saat tidur, bahkan kita tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini terjadi salah satunya akibat perubahan posisi secara tiba-tiba saat kita bangun tidur.

Contohnya saja saat kita langsung duduk secara tiba-tiba dari posisi tidur, hal tersebut menyebabkan cairan di telinga bagian dalam bergeser dan membuat kita pusing.

Selain itu, ada beberapa penyebab mengapa kita terkadang pusing saat bangun tidur. Berikut ulasannya!

Lebih banyak memproduksi hormon adrenalin

Tubuh lebih sedikit memproduksi hormon penghilang nyeri, dan lebih banyak memproduksi hormon adrenalin. Hormon adrenalin mempengaruhi pelebaran pembuluh darah dan tekanan darah, sehingga kita merasa pusing. Hal ini biasanya terjadi pada pukul 04.00 – 08.00 pagi hari.

Kadar gula darah rendah

Pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah. Untuk mengatasi ini, sebaiknya menjaga asupan makanan dan konsumsi vitamin penambah darah.

Jika hal ini terus terjadi, harap segera periksa ke dokter. Ditakutkan itu merupakan gejala hipoglikemia atau kandungan gula dalam darah yang menurun secara tidak wajar.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-Ac, Jika Tidak Ingin Mengalami Gejala Berikut

Dehidrasi

Jika selama seharian beraktivitas kita kurang minum, kita akan mengalami dehidrasi saat tidur. Hal ini bisa membuat kita merasa pusing ketika bangun tidur.

Selain itu, berkeringat terlalu banyak dan juga minum-minuman yang mengandung kafein juga bisa membuat kita dehidrasi, sehingga saat bangun tidur kita akan juga merasa pusing.

Gangguan tidur

9 Signs You May Have Sleep Apnea
Ilustrasi sleep apnea| University Hospital

Terdapat sebuah gangguan tidur yang bernama sleep apnea, gangguan ini membuat seseorang berhenti bernafas selama beberapa saat, yang menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang. Hal ini juga bisa membuat seseorang menjadi pusing saat bangun tidur.

Selain itu, insomnia atau kesulitan tidur malam juga membuat kualitas tidur berkurang. Ketika bangun, orang yang cenderung memiliki gangguan tidur ini akan merasa pusing.

Menghindari pusing saat bangun tidur

Pastikan tubuh tercukupi dengan asupan cairan, kemudian tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap hari.

Tidurlah dengan keadaan yang tenang, gelap, dan tidak panas. Dengan begini kualitas tidur akan terjaga dan akan menghindari kita dari pusing saat bangun tidur.

ARTIKEL TERKAIT •
Meskipun Tidak Memiliki 5 Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup

Berikan Nilai Untuk Konten ini