menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan Ketahui 5 Cara Mencegah Virus Corona yang Harus Kamu Lakukan

Ketahui 5 Cara Mencegah Virus Corona yang Harus Kamu Lakukan

Cara Mencegah Virus Corona
Cara Mencegah Virus Corona

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona. Yang paling santer terdengar di telinga kita yaitu menjaga kebersihan. Selain itu ada juga istilah 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Penambahan kasus positif virus Corona di Indonesia sangat begitu intens. Bahkan telah menembus angka lebih dari 14 ribu tiap harinya. Sudah pasti hal ini adalah kondisi yang memprihatinkan. Padahal sudah hampir setahun, kita mengalami periode pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus mematuhi kebijakan pemerintah untuk menerapkan prilaku hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Baca Juga: 7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Tetap Semangat Di Masa Pandemi

Lima Cara Mencegah Virus Corona

1. Mencuci Tangan

Mencuci Tangan
Mencuci tangan | healthline.com

Pada beberpa kasus, penularan terbesar virus Corona terjadi karena menyentuh permukaan sesuatu yang telah terkontaminasi virus lalu tak sengaja memegang area wajah. Maka dari itu, sebaiknya jangan pernah memegang area wajah dengan tangan di situasi seperti saat ini. Sebelum kamu membersihkan diri dengan rajin mencuci tangan.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Hal Romantis Yang Bisa Dilakukan di Masa Valentine Pandemi Ini

2. Memakai Masker

Mencegah Virus Corona Dengan Memakai Masker
Memakai masker | novanhealth.org

Peran masker sangat penting untuk melindungi tubuh dari ancaman virus Corona yang tak bisa dilihat oleh manusia. Terdapat berbagai jenis masker yang bisa digunakan, seperti masker sekali pakai, masker kain, masker bedah, dan masker N95.

Disarankan untuk mengganti masker tiap hari dan jangan sesekali menurunkan masker ke area dagu kecuali ada urusan yang penting.

Baca Juga: Berapa Lama Masa Inkubasi COVID-19? Ini Jawabannya

3. Menjaga Jarak

Covid 19, Young Couple Meeting Outside
Menjaga jarak | stanford.edu

Menjaga jarak atau Social Distancing adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah virus Corona. Kita dianjurkan untuk menjaga jarak sektiar 1 meter antara kamu dengan orang lain.

Menjaga jarak dilakukan agar saat orang lain batuk atau bersin, mereka tidak menyemprotkan cairan yang bisa jadi mengandung virus. Sehingga saat kamu terlalu dekat dengan orang lain, bisa jadi kamu terhirup virus yang terdapat di air liur orang lain.

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan | guestpostblogging.com

Selain rajin mencuci tangan, kamu juga harus rajin menjaga kebersihan ruangan, seperti di rumah, ruang kerja, atau ruangan lainnya. Kamu bisa menggunakan handsanitizer atau pembersih yang mengandung alkohol untuk membersihkan alat atau benda untuk mencegah virus Corona.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Trik Untuk Menghindari Perceraian di Masa Pandemi

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Menjaga daya tahan tubuh | verywellfit.com

Cara mencegah virus Corona yang terakhir adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Nah, untuk mewujudkannya kamu harus rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan minuman yang sehat. Seperti buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein tinggi.

Baca Juga: Beredar Kabar Vaksin COVID-19 Bisa Perbesar Alat Kelamin, Benarkah?

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks