Ternyata Kandungan Kripik Pisang Tidak Sama Dengan Buah Pisang, Ketahui Perbedaannya

in
Perbedaan Kandungan Pisang Dan Kripik Pisang
Perbedaan Kandungan Pisang Dan Kripik Pisang

Pasti diantara kalian yang membaca artikel ini ada yang menyukai buah pisang. Buah pisang adalah salah satu buah-buahan favorit bagi masyarkaat Indonesia. Selain rasanya yang enak dan khas, buah berwarna kuning ini dapat diolah menjadi jenis makanan lainnya lho.

Mulai dari dijadikan selai, dijadikan smoothies, dimakan dengan es krim, dan hingga dibuat menjadi keripik. Alasannya ya karena buah pisang memilik kandungan serat dan potasium yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Lalu bagaimana dengan kandungan yang ada pada kripik pisang?

Kandungan kripik pisang

Kandungan Keripik Pisang
Kandungan Keripik Pisang | via https://jateng.tribunnews.com/

Proses pembuatan kripik pisang dimulai dengan cara mengiris pisang menjadi bagian yang tipis-tipis setelah itu lalu dikeringkan.

Namun selain cara di atas, ternyata terdapat cara lain untuk mengolah buah pisang menjadi kripik pisang. Ada yang menggunakan cara dipanggang, dan ada juga yang menggunakan cara digoreng.

Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Kripik pisang yang siap dijual, biasanya akan ditambahkan perasa atau pemanis alami untuk menambah citra rasa dari kripik pisang itu sendiri.

Dilansir dari laman Livestrong, bahan-bahan yang dicampur ke keripik pisang akan membuat olahan itu akan mengandung gula tambahan dan lemak jenuh. Contohnya seperti ada kripik pisang yang dijajakan mengandung kandungan pisang, gula putih olahan, minyak kelapa, dan perasa pisang.

Perlu diketahui, di dalam satu ons kripik pisang mengandung sebanyak 10 gram lemak. Dan sebanyak 8 gram adalah lemak jenuh.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi tidak bagi tubuh kita. Hal ini akan meningkatkan kolestrol jahat dalam tubuh, yang pada akhirnya akan berdampak pada resiko terkena penyakit stroke atau jantung.

Dan juga kandungan lemak dari kripik pisang lebih tinggi dibandingkan buah pisang yang mengandung 0.39 gram lemak. Namun tidak semua pisang itu diberikan gula tambahan dan menggunakan minyak yang banyak loh.

Apakah kripik pisang baik untuk dikonsumsi?

Apakah Keripik Pisang Baik Untuk Kesehatan
Apakah Keripik Pisang Baik Untuk Kesehatan | via https://www.inews.id/

Bukannya tidak boleh dikonsumsi, akan tetapi kita harus mengkonsumsinya secara tidak berlebihan. Terlebih apabila terdapat banyak komponen tambahan pada kripik pisang tersebut. Lebih baik pula jika kamu memeriksa komposisi yang digunakan dalam pembuatan kripik pisang tersebut pada kemasannya.

Selain melihat komposisinya, porsinya juga harus diperhatikan. Pada umumnya satu penyajian kripik pisang mengandung sbanyak 120 kalori. Memang jumlah ini tidak dibilang sangat berlebihan sebagai cemilan. Tapi yang namanya berlebihan itu tidak baik.

5 Buah Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Di Kulkas

Jika kamu tidak dapat mengatur porsi makannya, akan menyebabkan kadar kalori pada tubuh akan meningkat. Dan akan menumpuk lemak pada tubuh, sehingga bsa membuat kamu menderita obesitas.

Apalagi bila kamu pasif dalam bergerak untuk membakar lemak, resiko terkena obesitas akan tinggi. Maka dari itu makan secukupunya saja dan jangan terburu-buru.

Kalau ingin sehat kamu bisa mengonsumsi buahnya saja. Karena dalam kandungan satu pisang berukuran sedang mengandung sebanyak 105 kalori.

Dilansir dari situs Healthline, 90 persen kalori pada pisang berasal dari karbohidrat. Jadi jangan berlebihan juga ya mengonsumsi buah pisangnya.

Dianjurkan dalam sehari, setidaknya memakan sebanyak dua buah saja. Dan jangan lupa juga seimbangkan dengan nutrisi yang berasal dari makanan lain.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.