Manfaat Luar Biasa Daun Salam Bagi Kesehatan Rambut

in ,
Manfaat Daun Salam Bagi Rambut
Manfaat Daun Salam Bagi Rambut

Daun salam adalah salah satu bahan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Selain ada jahe, ketumbar, bawang, kunyit, lada, dan bumbu dapur dari dedaunan lainnya. Daun salam memiliki ciri dengan aroma yang khas saat dimasak.

Banyak orang yang mengetahui bahwa daun salam hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja. Daun salam bisa digunakan dengan cara lain yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan rambut kita. Terutama untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut.

Hanya dengan memanfaatkan air rebusan daun salam, maka bisa membantu menghilangkan masalah rambut dan kulit kepala kita. Apa saja manfaat daun salam bagi rambut kita, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghaluskan Rambut

Menghaluskan Rambut
Menghaluskan Rambut | via https://www.allthingshair.com/

Jika kamu memiliki rambut yang kasar, kamu bisa menghaluskannya dengan memanfaatkan air rebusan daun salam.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu bisa mengambil daun salam yang masih bagus, lalu memanaskannya dengan air serta api sedang. Tunggu hingga 20 menit sampai air mendidih.

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Yang Kering, Biar Gak Ngembang-Ngembang

ARTIKEL TERKAIT •
Usia Belum Tua Rambut sudah Beruban, Ini Penyebab

Setelah ada aroma-aroma khas daun salam, matikan api dan tunggu air rebusan dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, kamu langsung bisa membilaskannya ke bagian rambut kamu yang kasar. Dan terakhir jangan lupa untuk keramas.

2. Mengatasi infeksi jamur dan membunuh bakteri di kepala

Mengatasi Infeksi Dan Jamur Pada Kulit Kepala
Mengatasi Infeksi Dan Jamur Pada Kulit Kepala | via https://magazine.job-like.com/

Manfaat selanjutnya dari daun salam bagi rambut kita adalah untuk mengatasi infeksi jamur dan membunuh bakteri yang ada di bagian kulit kepala kita. Hal ini karena daun salam mengandung kandungan antijamur dan antibakteri yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit kepala kita.

Cara penggunannya juga sama seperti di atas, rebus daun salam, tunggu dingin terlebih dahulu sebelum membilasnya di bagian kepala kita. Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

3. Menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang gatal

Menghilangkan Ketombe Dan Kulit Kepala Gatal
Menghilangkan Ketombe Dan Kulit Kepala Gatal |via https://www.suara.com/

Rambut berketombe merupakan masalah yang sangat merisihkan bagi orang-orang. Selain akan terlihat serpihan-serpihan putih yang aromanya tidak mengenakkan, rambut berketombe juga akan membuat kulit kepala terasa gatal.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan beberapa lembar daun salam kering, lalu tumbuk hingga berbentuk bubuk. Setelah itu, campurkan hasil bubuk tadi dengan minyak kelapa secukupnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Dan yang terakhir oleskan campuran tadi ke kepala kamu. Dijamin masalah ketombe dan kulit kepala yang gatal akan segera teratasi.

4. Mengusir kutu rambut

Menghilangkan Kutu Pada Rambut
Menghilangkan Kutu Pada Rambut | via https://www.liputan6.com/

Kutu rambut merupakan masalah yang sering dialami oleh seseorang jika orang tersebut tidak mampu menjaga kebersihan rambutnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air rebusan daun salam.

Dengan cara membilas rambut secara keseluruhan menggunakan air rebusan daun salam. Dengan itu, kutu rambut yang semulanya hinggap di kepala akan segera pergi atau mati seketika.

5 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Dengan Ramuan Alami

Itulah manfaat luar biasa dari daun salam bagi kesehatan rambut kita. Bagi kamu yang memiliki resep lain, kamu bisa mengaplikasikannya di rumah. Jangan lupa menjaga kesehatan rambut ya, teman-teman.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.