Agar Tidak Bangun Kesiangan Lagi, Yuk Ikuti 5 Cara Ini

in
Tips Agar Tidak Bangun Kesiangan
Tips Agar Tidak Bangun Kesiangan

Sebagian dari kalian pasti tidak suka bangun kesiangan bukan? Apalagi pada saat itu kalian harus ke sekolah atau berangkat kerja, malah bangun kesiangan. Tentu itu akan membuat kalian menjadi terburu-buru.

Kebanyakan orang yang bangun kesiangan ini dikarenakan tidur malam terlalu larut. Selain bisa menyebabkan bangung menjadi kesiangan, waktu tidur yang kurang akan mengganggu aktivitas-aktivitas kita di keesokan harinya.

Agar tidak terus-terusan bangun kesiangan, kamu bisa mengikuti 5 cara ini. Selain membuat kalian tidak kesiangan, tips ini juga mungkin akan membantu kalian mengembalikan waktu tidur yang berantakan. Apa saja itu?

1. Membuat rutinitas tidur

Membuat Rutinitas Tidur
Membuat Rutinitas Tidur | via https://www.timesindonesia.co.id/

Apa yang biasanya kamu lakukan sebelum tidur, apakah makan, menonton televisi, bermain game, atau berolahraga yang berat? Jika benar, maka mulai sekarang kamu harus merubah kebiasaan-kebiasaan kamu itu ya sebelum tidur.

Karena tubuh memerlukan waktu istirahat untuk merileksasikan otak dan pikiran dari aktivitas kamu selama seharian penuh. Selain itu, tidur juga membantu tubuh mempersiapkan tenaga dan pikiran untuk melakukan kegiatan di keesokan harinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahaya Yang Bisa Menimpa Kamu Jika Terlalu Sering Makan Sate

5 Trik Agar Bisa Mendapatkan Waktu Tidur Yang Efektif & Berkualitas

Oleh karena itu, ada setidaknya beberapa rutinitas yang bisa dilakukan sebelum tidur. Seperti mandi air hangat, tidak bermain smartphone, memberikan jarak makan sebelum waktu tidur, atau mematikan lampu saat sebelum tidur.

Melakukan rutinitas tersebut akan membuat otak dan pikiran menjadi santai dan rileks untuk tidur.

2. Membiarkan cahaya masuk

Biarkan Cahaya Masuk Lewat Jendela
Biarkan Cahaya Masuk Lewat Jendela | via https://sains.kompas.com/

Cahaya yang masuk yang berasal dari jendela akan membantu kita agar tidak bangun kesiangan. Karena tubuh memiliki yang namanya ritme sirkadian yang dimana berguna sebagai pengatur waktu tidur yang dipengaruhi oleh cahaya yang akan diterima tubuh.

Itulah yang menjadi sebab mengapa pada saat malam hari, kita rentan mengantuk. Itu karena cahaya yang diterima oleh tubuh sangat sedikit. Dan berlaku sebaliknya, jika tubuh banyak menerima cahaya, apalagi cahaya matahari, maka itu menjadi sinyal agar tubuh jadi bangun dari tidur.

Maka usahakan tubuh menerima cahaya matahari yang masuk melalui jendela kamar agar kamu jadi cepat bangun.

ARTIKEL TERKAIT •
Ketahui 4 Alasan Jangan Langsung Berdiri Setelah Bangun Tidur

3. Berilah waktu penyesuaian

Merilekskan Tubuh Sehabis Bangun
Merilekskan Tubuh Sehabis Bangun | via https://it.123rf.com/

Perlu kamu ketahui, bangun lebih cepat dari biasanya akan membuat tubuh perlu menyesuaikan perubahan-perubahan itu. Sesuatu yang baru dilakukan harus disesuaikan tubuh terlebih dahulu.

Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

Contohnya dengan bangun 30 menit dari biasanya. Setelah itu, tubuh akan mampu melakukan berbagai penyesuaian. Setelah bangun tidur, jangan langsung paksakan tubuh langsung beraktivitas. Setidaknya beri waktu sekitar 10 menit untuk menggerak-gerakkan tubuh. Bisa dibilang untuk melakukan meditasi pada tubuh.

4. Minum air putih yang cukup

Minum Air Putih Yang Cukup
Minum Air Putih Yang Cukup | via https://jabar.tribunnews.com/

Setelah bangun tidur, usahakan untuk langsung meminum air putih yang cukup. Karena kebiasaan ini akan membuat tubuh terhindar dari dehidras. Sebab selama tidur, tidak adanya cairan yang masuk bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Kamu bisa menyiapkan sebotol air minum saat sebelum tidur, dan pada saat bangun kamu bisa langsung meminumnya.

5. Jangan matikan alarm

Jangan Matikan Alarm
Jangan Matikan Alarm | via http://kronika.id/

Masalah ini yang sering dialami oleh orang-orang yang membuat mereka jadi bangun kesiangan. Yaitu mematkan alarm, baik itu pada HP atau perangkat alarm lainnya. Saat alarm berbunyi, usahakan langsung bangun, jangan malah mematikannya lalu lanjut tidur. Terkadang secara tak sadar tak sedikit orang yang mematikan alarmnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Betulkah Bangun Tidur Lebih Awal Dapat Membuat Lebih Produktif?

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Makan Sebelum Tidur Malam

Itulah beberapa tips agar kamu tidak bangun kesiangan. Lakukan tips-tips di atas dengan baik, maka kamu tidak akan lagi mengulangi kebiasaan-kebiasaan yang sama setiap harinya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.