Ternyata Masak Sayur Dengan Cara Direbus Tidak Baik Bagi Tubuh Kita, Ubah Kebiasaan Ini

in ,
Masak Sayur Dengan Cara Direbus Tidak Baik
Masak Sayur Dengan Cara Direbus Tidak Baik

Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, tubuh sangat memerlukan nutrisi yang cukup. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah sayuran. Padahal sayur-sayuran memiliki manfaat yang luar biasa pada tubuh kita, namun mengapa kita tidak suka pada sayur, terutama saat kita masih anak-anak.

Namun untuk memperoleh nutrisi yang cukup pada sayuran, kita tak boleh sembarangan saat mengolah sayur. Kebanyakan orang untuk mengolah sayur mereka lakukan dengan cara merebusnya. Tetapi sebenarnya sayuran tidak boleh direbus, loh.

Mengapa sayuran sebaiknya tidak direbus?

Sayuran Sebaiknya Tidak Direbus
Sayuran Sebaiknya Tidak Direbus | via https://www.klikdokter.com/

Seperti yang kami kutip dari Dailymail, Tracy Lesht, seorang ahli gizi mengungkapkan sayur yang diolah dengan cara direbus akan menghilangkan sebanyak 50 persen nutrisi di dalamnya loh.

Hal itu karena jenis sayur-sayuran seperti kol, brokoli, kacang panjang, bayam, buncis memiliki sifat vitamin yang mudah larut dalam air. Sehingga saat kita merebus sayuran tersebut, maka kita akan kehilangan nutrisi baik yang seharusnya dapat kita peroleh.

Inilah 5 Jenis Sayuran Yang Mempercepat Tubuh Menjadi Tinggi

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menetralisir Racun Di Dalam Tubuh

Tentu ini akan membuat tubuh akan kekurangan gizi. Terlebih apabila kita tidak memperhatikan pola gizi makanan lainnya yang kita konsumsi.

Bagaimana cara mengolah sayur yang benar?

Memasak Sayur Yang Benar
Memasak Sayur Yang Benar | via https://parenting.orami.co.id/

Mengapa sih kita tidak boleh mengolah sayur dengan cara merebusnya, sedangkan ini merupakan cara yang simple dan banyak orang yang menggunakan cara ini? Pertanyaan ini pasti sering muncul dan kita dengar.

Selain direbus, kita bisa mengolah sayur dengan cara dibakar atau dikukus. Bisa juga dengan cara dibuat sup. Sehingga vitamin yang melebur ke air dapat juga tetap kita konsumsi.

Jika kamu tetap kekeh mengolah sayuran dengan cara merebusnya. Kamu bisa merebusnya dengan menggunakan air sedikit dan api yang kecil. Sehingga sayur tetap dapat masak dan nutrisi yang ada tidak banyak menghilang.

Jika tubuh kurang makan sayur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tubuh sangat memerlukan nutrisi guna membuat tubuh menjadi sehat. Dan nutrisi tersebut dapat berasal dari sayur-sayuran. Namun bagaimana jika tubuh kekurangan asupan sayuran.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah 5 Jenis Sayuran Yang Mempercepat Tubuh Menjadi Tinggi

Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Ada beberapa dampak negatif yang bisa dialami oleh tubuh, seperti akan mempengaruhi mood tubuh, mudah lapar, dan menderita sembelit. Kamu tidak ingin kan mengalami hal-hal buruk tersebut? Oleh karena itu cukupi asupan sayuran pada tubuh dengan mengolahnya seperti yang dianjurkan di atas.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.