4 Alasan Utama Kenapa Travelling Bisa Bikin Kita Makin Cerdas

in
3 Alasan Jalan Jalan Bikin Pintar
Pria Bertopi | Travel + Leisure

Mau kamu emang hobi atau memang kebetulan ingin jalan-jalan (traveling) saja, gak dipungkiri ketika melakukannya,rasa kesenangan yang amat sangat langsung terasa.

Ya bagaimana gak? Ketika jalan-jalan, secara gak langsung kita membuang semua rasa stres kerja bahkan hidup yang sedang melanda. Dan ketika pulang, rasa semangat untuk bekerja (on fire) pun langsung berkecamuk tinggi.

Tapi di saat yang sama, tahu gak sih guys. Selain bikin fisik terasa segar dan mental lebih bahagia, ternyata hobi travelling kita itu, secara gak kita sadari juga membuat otak kita kian cerdas loh.

Loh kok bisa gitu? Langsung saja deh simak pembahasannya berikut ini.

1. Memperluas Pandangan Kita Terhadap Dunia Nyata

Wpt 1540474035
Pria Natif Alaska |Alabama Public Televisison

Ketika kita melakukan traveling, secara sendirinya kita akan menjadi tahu / jadi belajar keadaan sekaligus kebudayaan di tempat tersebut, apa ciri khas mereka, dan sebagainya.

Ambil contoh saja kita jalan-jalan ke Alaska yang notabene bagi kebanyakan kita di Indonesia, merupakan lokasi yang jarang diinginkan untuk menjadi spot lokasi jalan-jalan.

ARTIKEL TERKAIT •
Terungkap, Ini 5 Hobi yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Nah ketika kita akhirnya jalan-jalan di situ, akhirnya kita menjadi tahu bagaimana keadaan sekitar, tempat hangout favorit mereka, makanan favorit mereka, dll. Alhasil, dengan sendirinya, ilmu pengetahuan baru pun tersimpan di dalam otak berharga kita ini.

2. Memperkuat Kekuatan Otak

Istock 155391487 1024x658 1
Otak makin klop deh! |Athlete Tutor

Ngomong-ngomong soal otak, ternyata aktivitas ini nyatanya juga mampu memperkuat kekuatan yang yang dimiliki otak kita loh!

Seperti yang dilansir dari CuriousMob, seseorang yang sudah pensiun (baca: Lansia) tapi suka atau rajin traveling, memiliki pacing stimulan mental 75% lebih tinggi serta 82% diantaranya, terbukti masih mampu untuk menyelesaikan hal / pekerjaan yang harus dilakukan.

Berdasarkan fakta tersebut, gak heran jikan banyak kantor / perusahaan, setidaknya satu tahun sekali mengadakan outbonding / gathering.

3. Memori Kian Tajam

11
Bakalan masih inget di mana letak dompet 5 menit lalu! |All About Seniors

Ketika jalan ke negara lain apalagi, negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, mau tak mau, kitapun jadi harus belajar bahasa mereka lagi.

Belum lagi, jika kita harus berbicara dengan dialek dan banyak idiom-idom uniknya, dengan mempelajari kesemua ini, tidak hanya pengetahuan serta skill berbahasa kian bertambah, namun secara gak langsung akan membuat memori kita kian tajam.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Alasan Traveling ke Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan

Karena sekali lagi, ketika kita belajar bahasa baru atau secara general belajar hal baru apapun, secara gak langsung hal tersebut akan merangasang memori kita juga.

4. Merangsang Kreativitas

1350343942480
Siapa tau pulang-pulang bikin band tribute Beatles baru! |Traveller

Ketika kita jalan-jalan ke Perancis atau Itali, gak dipungkiri kita langsung ingin melihat berbagai hasil karya seni lukis atau seni bangunan di sana.

Atau ketika kita pergi jalan-jalan ke London, Inggris, pasti banyak dari kita langsung gatal kakinya untuk berjalan di atas jalanan Abbey Road layaknay seperti yang dilakukan oleh keempat personil pionir musik Rock moderen, The Beatles.

Nah tahu gak sih kamu? Ketika kamu melakukan hal ini, secara gak langsung akan merangsang sisi kreativitas di otak kita. Alhasil ketika pulang, kitapun mendadak ingin menekuni hobi melukis kita atau bernyanyi / nge-band kita itu.

Nah itulah tadi penjelasan mengapa hobi traveling bisa membuat kita kian cerdas. Semoga tips-nya bermanfaat!

Berikan Nilai Untuk Konten ini