5 Cara Mudah Mengatasi Pertengkaran Lewat Pesan Singkat

in , ,
13b5c Argumen7 Mirrorcouk
13b5c Argumen7 Mirrorcouk

bebaspedia.com-Tidak selalu komunikasi itu bisa berjalan dengan baik, Sering kali kesalah pahaman dan warna warni perbedaan pendapat terjadi didalam hubungan. Namun ada saatnya juga kamu dan pasangan lancar dan bebas dari kesalah pahaman ketika berkomunikasi melalui pesan singkat. Namun, ketika membicarakannya secara langsung dengan cara tatap muka itu jauh lebih baik, dalam menuntaskan perselisihan antara kamu dan pasanganmu.

Namun ketika kalian terpisahkan jarak, seperti saat pandemi Corona ini. Terkadang perdebatan dan warna warni pendapat sering terjadi melalui pesan chattingan.

Bertengkar melalui pesan singkat dapat memperkeruh suasana. Belum lagi emosi dan menekan tombol kirim setelah mengetikkan pesan penuh amarah.

Apa yang harus kamu lakukan? Kuncinya adalah menahan diri dari emosi atau melanjutkan chat.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi pertengkaran lewat pesan singkat. 

1. Nggak ada salahnya untuk bertanya

W644 1
W644 1 https://today.line.me/id

Cara yang pertama ini, nggak ada salahnya bertanya langsung pada pasangan untuk cari tahu makna sebenarnya dari pesannya, atau berhenti sejenak untuk membaca kembali dan memahaminya lagi.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Harapan Terbesar Wanita Saat Menjalin Hubungan

Langkah ini dapat menurunkan risiko pertengkaran akibat kesalahpahaman yang tidak ingin kamu tanyakan dan mampu mengatasi terjadinya Pertengkaran ewat pesan singkat. 

2. Anggap saja tidak mengerti isi pesan satu sama lain

Chat Cover Cr
Chat Cover Cr I https://loop.co.id/

Asumsi terhadap pesanmu dapat membantu dalam menahan diri. Nada dan bahasa tubuh sangat membantu dalam menentukan makna bicara pasangan, amun kamu tidak dapat melakukannya.

Jadi, anggap saja kamu tidak paham atau tidak mengerti dengan nada dan perasaan pasangan melalui pesan singkat.

3. Pindah dari chatting ke telepon

Ilustrasi Wawancara Kerja Via Telepon
Ilustrasi Wawancara Kerja Via Telepon https://www.duniakaryawan.com/

Ajaklah pasangan untuk membicarakan ini secara langsung dan ungkap sulitnya berkomunikasi melalui chat.

Dengan begitu, kamu dapat mendengar suaranya dan penjelasannya tanpa menerka-nerka lagi (dan kamu pun menghemat tenaga nggak mengetik panjang-lebar), dan tidak perlu membuat asumsi sendiri tentang pesan singkat pasanganmu.

4. Baca pesan balasan secara lantang

569076 M 960x640 5e507e3850ba69a803c0ab60d94d7b16 600x400
https://www.idntimes.com/

Cara ke empat ini, dapat membantumu menuangkan nada bicara dan perasaan, serta dapat mengurangi bias mental yang kamu miliki saat membaca ulang pesan dalam diam. Sebab, seringkali sesuatu terderang berbeda jika kamu ucapkan di luar kepala.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Harapan Terbesar Wanita Saat Menjalin Hubungan

Menurut para psikolog, salah satu trik untuk menahan diri bertengkar lewat chat adalah membaca dengan lantang pesan balasanmu sebelum mengirimkannya pada pasangan.trik ini membantumu memahami bagaimana pesanmu dimaknai oleh si penerima.

5. Fokus dengan Topik Pembicaraan

Topik Pembicaraan Chat Yang Asik
Topik Pembicaraan Chat Yang Asik I https://www.dunia-lelaki.com/

Tanyakan pada dirimu sendiri jika kamu benar-benar memahami pesan itu. Untuk mencegah kesalahpahaman saat berdebat melalui chat, pastikan bahwa kamu juga fokus pada apa yang dirasakan atau jika kamu merasa kebingungan dengan makna yang ingin diutarakan, atau nggak yakin dengan nada pesan yang digunakan. Jadi, jangan langsung membalas hanya dengan menerka begitu saja. Diam sejenak dan pahami pesan itu.

janga lupa juga untuk baca Dampak Wajar Yang Dirasakan Selama Masa Pandemi Bagi Kamu Yang Berpacaran

Dari poin-poin diatas semoga kamu dan pasanganmu bisa mengatasi kesalahpahaman atau peetengkaran yang terjadi melalui pesan singkat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini