menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Life Asmara Ingin Hubungan Langgeng? Pilihlah Pasangan Dengan 4 Kriteria Ini

Ingin Hubungan Langgeng? Pilihlah Pasangan Dengan 4 Kriteria Ini

Ingin Hubungan Langgeng, Pilihlah Pasangan Dengan 5 Kriteria Ini
Ingin Hubungan Langgeng, Pilihlah Pasangan Dengan 5 Kriteria Ini

Setiap orang pastinya menginginkan hubungan yang mereka jalani dengan kekasih tercinta bisa langgeng sampai hari tua. Namun, menemukan sosok yang dapat mengisi hati selama-lamanya itu bukanlah perkara yang mudah. Bahkan, sudah banyak orang yang telah berkelana selama bertahun-tahun, namun belum juga menemukan pasangan sejatinya.

Pasangan yang sudah sering menghadapi masalah dan mampu menyelesaikannya bersama tentunya akan memiliki hubungan langgeng.

Dilansir dari Psychology Today, psikoanalis bersertifikat dan psikoterapis dan supervisor AEDP, Hilary Jacobs LCSW menuturkan setidaknya terdapat lima kriteria yang harus diperhatikan dalam mencari pasangan agar hubungan langgeng.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Banget Agar Hubungan Kita Dan Dia Selalu Awet

Dimana dengan memperhatikan kriteria berikut ini dapat membantu kamu menemukan pasangan yang bisa melewati masa-masa sulit bersama-sama. Berikut adalah empat kriteria itu.

1. Empati yang baik

Dapat Berempati
Foto: Unsplash/Jennfer Marquez

Seperti diketahui, empati adalah sikap dan kemauan seseorang untuk memperhatikan orang lain dan membayangkan dirinya berada di posisi orang tersebut. Dengan begitu akan timbul rasa empati atau perhatian seseorang.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Orangtua Tidak Merestui Pilihan hati

Orang yang tidak memiliki rasa empati termasuk orang yang tidak memiliki daya tarik terhadap kesulitan orang lain. Mereka mungkin tidak akan menjadikan rasa sayang dan kebaikan pada pasangannya sebagai prioritas utamanya.

2. Humoris

Humoris
Foto: Unsplash/Hean Prinsloo

Saat hubungan diterpa banyak masalah, humor setidaknya dapat membantu meringankan masalah tersebut. Dengan humor, seseorang akan jadi lebih terbuka lagi pikirannya untuk menemukan cara terbaik menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan humor juga bisa menjadikan situasi tegang dapat diredakan sementara. Sehingga ketegangan tersebut tidak berdampak lebih jauh pada hubungan kalian. Namun, tentunya penggunaan humor di waktu yang tepat harus juga diperhatikan.

Untuk mengetahui waktu yang pas untuk menggunakan humor adalah dengan cara melatihnya bersama pasangan. Dengan begitu, humor dapat membantu membuat hubungan langgeng.

Baca Juga: 4 Tanda Fix Untuk Memutuskan Hubungan Dengannya

3. Kemampuan untuk terus berkomunikasi

Hubungan Langgeng Kemampuan Terus Berbicara
Foto: Unsplash/Aldo Delara

Dua orang yang sudah mengikat hati bersama-sama pastinya akan terus bersama berupaya menyelesaikan segala masalah yang menerpa.

ARTIKEL TERKAIT •
Ladies, Jangan Jadikan Laki-Laki Ini Sebagai Pasangan Kamu

Akan tetapi, kemampuan tersebut tentunya membutuhkan waktu, sabar, dan kemampuan komunikasi yang baik. Sepasang kekasih mesti memiliki kemampuan atau kesamaan agar dapat sepakat dengan sesuatu yang sebenarnya tidak disetujui.

Memang membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah karena perlu langkah-langkah tepat agar masalah tidak bertambah parah dan dapat diselesaikan.

Baik kamu dan pasangan harus sama-sama terus saling berkomunikasi.

Maksudnya komunikasi di sini adalah mengikutsertakan hal-hal seperti mencari tahu detail penyebab masalah, memahami arti dan makna dari masalah itu, membuat kamu atau pasangan paham dengan posisi masing-masing, berempati satu sama lain, sampai terus mengeluarkan pendapat agar solusi dari masalah tersebut dapat ditemukan.

Hubungan langgeng adalah hubungan yang di dalamnya selalu berkomunikasi setiap melakukan sesuatu.

4. Kriteria hubungan langgeng dapat memahami emosi

Dapat Memahami Emosi
Foto: Unsplash/Anthony Tran

Saat pertengkaran muncul, emosi akan mendominasi diri seseorang. Karena emosi memang sudah terprogram dalam otak manusia. Sulit untuk mencegah timbulnya emosi di saat amarah atau adanya ancaman.

Akan tetapi, setiap orang memiliki cara tersendiri dlam menanggapi emosi mereka. Ada orang yang yang langsung bereaksi dan mengikuti dorongan nafsunya. Dari hal ini membuat pertengkaran atau perkelahian dengan pasangan akan lebih mudah terjadi.

ARTIKEL TERKAIT •
Bisa Membuat Hubungan Rusak, Jangan Remehkan 6 Masalah Ini

Namun, ada juga orang-orang yang lebih memilih untuk diam sejenak dan memikirkan tindakannya selanjutnya. Nah, respon ini sangat baik karena kita akan lebih banyak kendali tentang langkah kita ke depannya.

Tanpa mengetahui kerja dasar dari emosi, pasanganmu bisa tidak akan memahamimu dengan baik dan ia mungkin akan menyalahkanmu atas perasaan yang kamu rasakan.

Untuk menciptakan hubungan yang langgeng, kita memerlukan pasangan yang mau mendengarkan tanpa bersikat defensif.

Baca Juga: Nekat Menjalin Hubungan Tanpa Status? Ini Yang Akan Kamu Rasakan

Memang tidak mudah mencapai hubungan langgen antara kamu dengan pasnaganmu. Namun dengan empat kriteria di atas, setidaknya kamu sudah tahu dan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk untukmu.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks