10 Fakta Hari Valentine Yang Harus Kamu Ketahui

in ,
Fakta Hari Valentine
History

Berikut adalah 10 fakta hari Valentine yang harus kamu ketahui.

Tanggal 14 Februari, selalu di-identikkan dengan hari kasih sayang atau Valentine.

Dan pastinya beberapa dari kita merayakannya dengan pasangan tercinta. Nah sembari merayakan, yuk sembari menyimak 10 fakta hari Valentine yang harus kamu ketahui ini.

1. Berawal Dari Festival Tradisional Khas Pagan

Pagan adalah istilah yang mengacu pada orang-orang Romawi kuno yang hidup di abad ke-4 Masehi.

Nah mereka memang sering mengadakan festival yang aneh-aneh. Nah salah satu festival aneh ini, adalah yang menjadi cikal bakal dari hari Valentine.

Nama festival ini adalah Lupercalia.Festival ini diadakan untuk merayakan kesuburan (kehamilan). Festival ini diadakan setiap tanggal 15 Februari. Salah satu hal yang dilakukan di festival ini, adalah mengorbankan binatang.

Nah nantinya kulit dari binatang yang dikorbankan tersebut, akan dipukul-pukulkan ke tubuh wanitanya. Cara ini diyakini, bisa cepat membuat hamil si wanitanya.

2. Resmi 14 Februari Abad Ke-5

Setelah sekian lama diadakan tiap tanggal 15 Februari, akhirnya pada abad ke-5 Masehi, festival tersebut diresmikan menjadi hari Valentine setiap tanggal 14 Februari.

Yang meresmikan adalah Uskup (pope) Roma kala itu, Pope Gelasius. Tapi, baru benar-benar identik dengan hari kasih sayang, di tahun 1300.

3. Cupid Adalah Dewa Cinta Yunani

Kamu tahu kan cupid? Ya cupid adalah gambar / simbol bayi laki-laki dengan anak panah hati-nya itu. Biasanya, dia selalu ditampilkan di berbagai kartu ucapan Valentine.

Nah, mungkin masih banyak dari kamu yang bingung dengan asal-usul si “bayi cinta” ini. Ternyata, ia terinspirasi dari salah satu dewa cinta asal Yunani, Eros.

Eros disebut sebagai sosok yang tampan, abadi (immortal), dan mempunyai kekuatan mumpuni nan intimidatif, untuk membuat orang di sekitarnya langsung jatuh cinta.

Nah barulah di abad ke-4, sosoknya digambar ulang menjadi sosok bayi seperti yang kita lihat sekarang ini.

4. Ucapan Valentine Pertama Diucapkan di Abad 15 M

Ucapan “happy valentine” pertama, diucapkan di abad 15 Masehi. Spesifiknya, seperti yang dilansir dari History.com, adalah seorang Duke Perancis, Charles, yang mengirimkan ucapan Valentine nya ke istrinya kala itu di tahun 1415.

Charles menuliskan ucapannya ini, ketika ia mendekam di Tower of London di usianya yang masih 21 tahun. Salah satu kalimat ucapannya, adalah: “I am already sick of love, My very gentle Valentine.” WOW!

5. Kartu Ucapan Baru Ramai di Tahun 1840

Sekarang, bejibun banget kartu-kartu ucapan Valentine dimana-mana. Nah awal ramainya, adalah di tahun 1840.

Yang pertama kali menginisisasikannya, adalah Esther A. Howland. Ialah yang pertama kali membuat dan meng-komersialisasikan kartu Valentine lengkap dengan pita-pita lucunya itu.

6. Tradisi Kirim Bunga Dimulai di Abad 17

Sekarang gak afdhal rasanya jika kita gak memberikan setangkai mawar merah di hari Valentine ke pasangan kita.

Nah, tradisi ini pertama kali dimulai abad 17. Dan kian dipopulerkan dan diresmikan sebagai salah satu “bahasa cinta” di Era Victoria.

7. Warga Amerika Serikat Kirim 145 Juta Kartu Ucapan Valentine

Gak salah memang jika hari Valentine kini, lebih diasosiasikan ke warga Amerika Serikat (padahal aslinya dari Eropa).

Terbukti, setiap tahunnya, kurang lebih 145 juta kartu Valentine, dikirmkan dari segala kalangan usia dan strata-nya. Alhasil, menjadikan Valentine sebagai hari terbesar kedua setelah Natal, untuk urusan kartu ucapannya.

8. Perhiasan Adalah Hadiah Yang Banyak Diberikan

Berdasarkan lansiran National Retail Federation, sebagian besar orang ketika Valentine, lebih banyak membeli perhiasan untuk pasangannya.

Terbukti, di tahun 2020 kemarin, $5.8 miliyar dihabiskan banyak orang (terutama warga AS) untuk berbelanja perhiasan bagi pasangannya di hari Valentine.

9. 6 Juta Pasangan Bertunangan di Hari Valentine Setiap Tahunnya

Berdasarkan sebuah survey yang pernah dilakukan, terungkap kalau hari Valentine, kerap digunakan banyak orang untuk melamar pasangannya.

Dan 60% dari survey nya adalah wanita. Wah siapa nih diantara kamu yang dulunya, pernah melamar dia di hari Valentine?

10. Peryaannya Beda-Beda Di Setiap Negara

Sama seperti Natal, perayaan Valentine di tiap-tiap negara, beda-beda. Di negara-negara Amerika Latin (latino / latina), Valentine dikenal dengan nama: el día de los enamorados dan día del amor y la Amistad.

Intinya Valentine bagi merka, bukan hanya sebatas hari kasih sayang ke kekasih. Tapi juga le teman / sahabat. Spesifiknya, menghargai dan mensyukuri bahwa ia masih berteman dengan kita.

Nah kalau di Amerika, standar banget seperti kita lihat di film-film. Bahkan, mereka membumbuinya dengan sesi bercinta (making love). Nah kalau Indonesia? Hmm, mungkin sepenglihatan saya, mengadopsi Amerika Serikat.

Tapi banyak juga yang gak merayakan dikarenakan tidak sesuai dengan ajaran agama mayoritas, Islam. Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?

Berikan Nilai Untuk Konten ini