menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Life 10 Langkah Jitu Agar Kita Gak Stres Terus Di Masa Sekarang Ini

10 Langkah Jitu Agar Kita Gak Stres Terus Di Masa Sekarang Ini

Langkah jitu agar tidak stres di masa pandemi

Berikut adalah 10 langkah jitu agar kita gak stres terus di masa sekarang ini.

Ya mari kita jujur-jujuran saja. Tingkat stress di masa sekarang ini gak dipungkiri, jauh lebih stress dan gila-gilaan daripada masa-masa dulu.

Terlebih dalam satu tahun terakhir yang mana seperti kita ketahui, tingkat stress kian meningkat akibat musibah wabah COVID-19. Nah memang keadaan kian stres saja. Tapi bukan berarti kita lantas terlena dengan stres-nya.

Yang ada kalau terlena, malah makin seperti Ike Nurjanah eh, salah. Yang ada, malah imun kita makin menurun kalau stres banget. Dan kalau terus menurun, alhasil COVID-19 dan penyakit-penyakit lainnya, akan bisa menyerang tubuh kita.

Oleh karenanya, mari kita kelola stres kita dengan sebaik-baiknya. Dan berikut, adalah 10 langkah jitu agar kita gak stress terus di masa sekarang ini.

1. Dengar dan Baca Berita Menggembirakan

Langkah jitu agar kita gak stres terus di masa sekarang yang pertama, adalah banyak mendengar atau membaca berita / kabar yang menggembirakan atau hepi-hepi.

ARTIKEL TERKAIT •
Saatnya yang Muda yang Mengambil Langkah atau Saatnya yang Tua yang Berubah?

Karena seperti kita tahu, membaca atau mendengar jenis kabar tersebut akan membuat kita gembira dan alhasil, meningkatkan imunitas kita. Selain itu, akan menghindarkan kita dari rasa cemas, takut, bahkan paranoid berlebihan.

2. STOP Mempercayai HOAX atau Teori Konspirasi

Ini dia nih. Semenjak kepopuleran media sosial, banyak banget orang-orang yang langsung percaya begitu saja dengan kabar gak benar alias HOAX.

Bahkan, banyak juga yang langsung mempercayai mentah-mentah yang namanya teori konspirasi ini dan itu.

Alhasil, rasa paranoid pun langsung gila-gilaan dirasakan. Jadi yap, biasakan untuk cari tahu banget-banget dulu kebenaran kabarnya sebelum benar-benar mempercayainya oke?

3. Rajin Interaksi Online

Mau dengan komunitas, teman, pacar, atau siapapun. Teruslah melakukan interaksi online. Mau pertemuannya hanya 30 menit pun, percayalah, hal ini akan membuat mood terus positif.

4. Nonton Film atau Seri TV

Nonton film atau seri TV, akan membuat kita “lost” dulu sejenak dari realita yang ada. Apalagi jika film atau seri TV nya yang favorit kita. Bakalan asyik terus deh mood-nya.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Stres Dan Depresi, Kenali Gejalanya!

Tapi INGAT! Jangan nonton seri atau film dokumenter yang bertemakan pandemi, kiamat, atau bencana-benca alam lainnya. Yang ada bukannya menghilangkan stress, malah menambah stres.

5. Bernyanyi / Mendengarkan Musik

Sudah terbukti secara ilmiah bahwa bernyanyi atau mendengarkan musik, akan menghilangkan stres yang dirasakan. Bermain alat musik pun juga sama.

Gak ada kasus / cerita dari dulu bahwa setelah bermusik, jadi stres. Kalau ada yang demikian, ya dia-nya aja yang lagi “gak bener”.

6. Rajin Berolahraga

Sama seperti mendengar musik atau bernyanyi, berolahraga tidak hanya untuk kesehatan atau biar six-pack saja.

Melainkan ketika kita berolahraga, kita juga mengurangi stres yang ada. Makanya, tak heran jika dari kemarin pemerintah kita kerap menggalakkan untuk rajin berolahraga.

7. Main Video Game

Main video game memang dari dulu sudah terbukti ampuh menghilangkan stres. Tapi ya di saat yang sama, tahu wkatu juga dan lihat-lihat juga game yang dimainkan.

Karena game dan film sangat berbeda experience nya. Film = pasif sedangkan game = aktif. Jadi jangan samakan nonton film horor dengan main game horor. Yang ada, malah bikin tegang dan stres berlebih.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Telapak Tangan Jadi Basah Saat Stres? Ini Alasannya

8. Makan Makanan Yang Kamu Suka

Mau itu beli atau buat sendiri, intinya makan saja yang kamu suka. Karena menikmati makanan atau hal yang kita sukai, akan membuat kita terlupa dengan apapun.

Tapi ingat jangan sampai kekenyangan ya! Tidak baik.

9. Tidur Yang Cukup

Jangan dikira tidur itu adalah aktivitas membosankan. Malah di zaman sekarang ini, justru banyak tidur sangat dibutuhkan.

Tapi ya jangan terlalu lama juga durasinya. Paling minim adalah 6 jam guys. Dengan tidur yang cukup, akan menghilangkan stres dan juga meningkatkan tingkat imunitas kita.

10. Beribadah

Yap inilah langkah jitu (bahkan super jitu) agar gak stres terus di masa sekarang ini. Beribadahlah. Berodalah, minta tolong lah ke Allah SWT agar diri kita terus ditenangkan dan dilindungi di masa sekarang ini.

Dijamin setelah melakukan ini, hati kita akan jauh lebih tenang dan gak akan stres-stres lagi. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks