menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Life 4 Tips Untuk Bisa Sukses Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

4 Tips Untuk Bisa Sukses Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

Tips sukses menjadi penerjemah bahasa asing
Mojok

Berikut adalah 4 tips untuk bisa sukses menjadi penerjemah atau translator. Gak dipungkiri salah satu pekerjaan yang digiurkan banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, adalah penulis konten (content writer) dan penerjemah (translator).

Tapi kalau dibandingkan keduanya, maka translator lah yang lebih diminati. Pasalnya, penghasilan yang bisa diterima, jauh lebih menggiurkan. Spesifiknya, tidak seperti content writer yang dibayar per artikel, penerjemah dibayar per halaman atau bahkan per kata.

Bahkan kalau sudah profesional, dibayar per jam. Maka gak heran kalau teman-teman kita langsung super “lebay” memuja kita ketika mengatakan kalau kita adalah translator.

Karena sekali lagi, pengahasilannya super makmur. Banyak yang mendapatkan penghasilan 5-6 juta satu bulan cuma dari translate saja loh. Cuma duduk dan menerjemah saja, selesai.

Nah apabila kamu tergiur dan ingin berkecimpung, yuk langsung simak saja 4 tips nya berikut ini. Oh ya, tips ini juga bisa kok diterapkan ke kalian yang sudah berpengalaman.

1. Kuasai Banget Bahasa Yang Ingin Diterjemahkan

suskes menajdi peenerjemah bahasa asing
AsahSaya

Ini mah wajib banget guys. Sama seperti seorang penyanyi, dia mau jadi penyanyi tapi teknik vokal dan lagu-lagu yang ada masih cetek? Ya wassalam saja kalau sudah begini.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Keuntungan Bekerja Sebagai Penerjemah Bahasa Asing

Jadi pastikan sebelum memutuskan menjadi translator, kamu sudah menguasai banget atau setidaknya semi-fluent dengan bahasa asingnya.

2. Banyak Baca Buku Bahasa Asing

L 20
Mental Floss

Baca buku bukan hanya sekedar menambah wawasan atau menambah imajinasi. Melainkan, baca buku terlebih yang bahasa asing, akan semakin memantapkan kemampuan bahasa asingnya.

Jadi, jangan malas-malas baca ya guys!

3. Rajin Buka Kamus

02oxfordenglishdictionary
Rediffmail

Oke deh, kamu mungkin sudah jago ngomong bahasa Inggris atau Jepang nya. Tapi bukan berarti kita lantas tidak buka kamus (dictionary) lagi.

Bahkan translator puluhan tahun saja, masih buka-buka kamus loh! Jadi jangan malas buka kamus dan teruslah perluas pembendaharaan (vocabulary) kata-kata asingnya tersebut.

4. Terus Berlatih

Gettyimages 180864785 2 5802e8de3df78cbc2882025e
The Balance Careers

Seperti kata pepatah, Practice makes perfect. Jadi teruslah berlatih. Caranya dengan melakukan penerjemahan iseng-iseng dari situs bahasa asing.

Kalau awal-awalnya salah ya gak masalah. Justru kalau kamu langsung bisa banget gue akan mencurigai kamu sebagai dewa bukan manusia. Latihan terus, jangan menyerah, dijamin kamu akan menjadi penerjemah mumpuni. Semoga tipsnya bermanfaat!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks