5 Tips Sederhana Mengatasi Rasa Malas Saat Membaca Buku

in
Membaca Buku
Credit Image: Tribun

Sering banyaknya tugas serta makin sulitya mencari informasi yang akurat menjadi alasan para pelajar untuk membaca buku. Sekalipun kita ketahui bahwa sulit sekali bagi para pelajar untuk membaca buku jika bukan instruksi dari guru mereka.

Jangankan membca isinya, melihat covernya saja sudah malas rasanya. Nah, khususnya untuk kalian para pelajar, berikut 5 tips ampuh mengatasi rasa malas saat membaca buku.

1. Baca hanya pada kata-kata yang penting saja

Tebalnya halaman buku seringkali membuat kita malas membaca buku. Maka dari itu salah satu cara yang tepat adalah dengan hanya membaca kata-kata yang penting saja. Tidak perlu khawatir, meski begitu otak kata akan secara otomatis merangkai kata yang penting tersebut menjadi sebuah informasi yang utuh.

2. Siapkan motivasi sebelum membaca buku

Motivasi adalah salah satu hal yang penting agar kita dapat melakukan sesuatu dengan baik. Maka dari itu siapkan motivasi pada diri anda sebelum membaca sebuah buku. Salah satunya dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang ingin kalian cari jawabannya pada buku yang akan kalian baca.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menghilangkan Stres, Frustasi dan Marah

3. Fokus membaca tanpa melakukan aktiivtas lain

Membaca adalah salah satu hal yang membutuhkan konsentrasi penuh agar kita mendapatkan informasi dengan baik. Maka, saat membaca usahakan jangan sambil melakukan aktivitas lain seperti halnya menonton TV. Karena multitasking hanya akan membuat konsetrasi kita terpecah.

4. Gunakan alat atau pointer sebagai pengarah mata

Seringkali kita mengulangi kalimat yang telah kita baca karena kadang penglihatan kita terpecah saat membaca. Hal itu bisa diminimalisir dengan menggunakan pointer, bulpoin atau benda yang dapat digunakan sebagai pengarah mata.

5. Kurangi gumam saat membaca

Membaca merupakan aktivitas dimana agar kita dapat memperoleh serta memahami sebuah informasi dalam buku dan bukan untuk menghafal. Maka dari itu kurangi menggumam saat membaca.

Sebaiknya kita membaca dalam hati, karena kita bisa lebih berkonsentrasi terhadap apa yang kita baca, sehingga informasi yang kita dapat lebih mudah diphami dan diserap oleh otak.

Nah, itulah 5 tips ampuh mengatasi rasa malas saat membaca buku. Silahkan kalian coba dirumah dan semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT •
Selain Meningitis, Inilah 3 Infeksi Otak Berbahaya Lain yang Bisa Menyerang Otak Manusia

Berikan Nilai Untuk Konten ini