menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLifepedia5 Trik Untuk Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

5 Trik Untuk Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

Mengatasi Gugup Wawancara Kerja
Lowongan Kerja Jogja

Seperti kita tahu sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaannya, kita harus melewati dulu proses wawancara kerja (interview).

Dan gak dipungkiri menghadapi interview sama groginya seperti saat mau nembak gebetan kita. Bahkan, lebih grogi sih. Karena yang akan kita lakukan ini, jauh lebih signifikan dampakanya bagi kehidupan kita nantinya.

Spesifiknya, apabila proses interview berjalan lancar, kita akan mendapatkan pekerjaannya. Dan pekerjaan yang didapat, akan memberikan kita sekuritas finansial bagi kehidupan kita.

Oleh karenanay, wajar memang kalau kita merasa super grogi. Terlebih, apabila ini baru interview kerja pertama. Tapi sebenarnya gak perlu grogi atau cemas juga sih. Santai saja.

Nah agar bisa demikain, yuk langsung simak saja ulasan 5 trik jitu untuk menghadapi grogi saat wawancara kerja nya berikut ini.

1. Berdoa

mengatasi grogi wawancara kerja
SigiJateng.id

Trik jitu yang pertama sebelum melakukan wawancara kerja adalah dengan berdoa dan beribadah. Mintalah kepada-NYA untuk bisa dilancarkan proses wawancara. Mintalah kepada-NYA, agar kita bisa diterima.

Karena ya percuma saja kita sudah merasa siap tapi tidak berdoa terlebih dahulu. Ingat, semua rezeki yang kita dapatkan berasal dari-NYA. Kalau ia mau memutuskan, juga bisa banget.

2. Simulasi

Shutterstock 90147538
Magazine Job-Like

Atau bahasa kerennya role-play. Eits, jangan mikir yang gak-gak dulu nih he..he. Jadi minta tolong ke ibu, adik atau teman, untuk melakukan simulasi interview kerja.

Tentunya ibu atau teman kita menjadi pewawancaranya. Dengan melakukan simulasi seperti ini, nantinya ketika menghadapi wawancara sesunggughnya, kita dijamin gak akan gugup lagi.

3. Research di Internet

Make Money Doing Research From Home
Jobcompass

Di era canggih sekarang ini, semuanya gak lepas dari namanya internet. Bahkan masak di dapur aja liat resep dari internet.

Jadi sudah sewajarnya juga, untuk mencari tips dan trik melalui media online ini juga. Jadi, mulailah buka-buka artikel atau video yang memberikan tips dan trik untuk gak grogi kerjanya. Ya seperti artikel ini nih he..he.

Dan juga, cari-cari juga contoh-contoh pertanyaan (questions) nya. Sehingga, kamu sudah prepare banget kalau-kalau diberikan pertanyaan yang serupa.

4. Berbicara di Depan Cermin

Talking Infront Of A Mirror 1.jpg 1
ANARCHAK

Nah kalau kamu enngan atau memang sedang hidup sendiri, mulailah berlatih dengan bebricara di depan cermin.

Anggap saja cermin yang diam seribu bahasa itu berubah menjadi “cermin ajaib” yang tiba-tiba berubah wujud menjadi pewawancara. Dan mulailah permainkan imajinasimu itu.

5. Positif Saja

Positive Mindset Worksheets
G9IJA

Biasanya perasaan grogi dikarenakan arasa takut. Dan takut adalah salah satu perasaan / sifat yang super negatif.

Jadi gantilah sifat ini dengan rasa positif nan percaya diri. Tumbuhkan, “saya bisa”, “saya pasti diterima”. Tapi INGAT! JANGAN TERLALU COONGKAK juga. Beda tipis antara percaya diri dan sombong / takabur.

Semoga tips ini bermanfaat, dan sukses terus ya guys!

Add comment