menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLifepedia4 Cara Jitu Menghadapi Teman Yang Selalu Bergantung Ke Kita

4 Cara Jitu Menghadapi Teman Yang Selalu Bergantung Ke Kita

Cara Jitu Menghadapi Teman yang selalu bergantung ke kita
IDN Times

Berikut adalah 4 cara jitu menghadapi teman yang selalu bergantung ke kita.

Kalau mau jujur-jujuran disini, memiliki teman yang selalu bergantung ke kita itu memang asik banget. Ya bayangkan saja. Setiap ada masalah apapun yang ia miliki, ia akan mengandalkan kita untuk menjadi “malaikat penyelamatnya”.

Tapi tentunya kalau sering banget, yang ada kitapun menjadi risih sendiri. Dan ketika kerisihan memuncak, kitapun langsung berpikir keras untuk mencari cara menghindari dirinya.

Well, sebenarnya tidak usah menghindar guys. Justru kita harus menghadapinya. Dan berikut, adalah 4 cara jitu menghadapi teman yang selalu bergantung ke kita tersebut.

1. Beri Batasan Yang Jelas Dan Penuh Komitmen

Cara jitu menghadapi teman yang selalu bergantung ke kita yang pertama, adalah dengan memberikan batasan.

Batasan disini maksudnya adalah kita harus memberikan aturan waktu dan juga, bentuk bantuannya. Kita tentunya gak akan membantu dia setiap saat bukan? Kita juga gak akan membantunya di setiap keluhannya bukan?

Nah oleh karenanya sekali lagi berikan ia batasan masalah yang bisa dibantu dan kapan kita bisa membantunya. Dan kalau sudah memberikannya, usahakan banget bagi kita untuk komitmen dengan batasan yang diberikan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kasihan, Sudah Masak Banyak Makanan Bukber, Tapi tak ada Satupun Temannya yang Datang

2. Jangan Segan Mengatakan Tidak

Nah ini nih masalah yang masih sering kita hadapi ketika menghadapi problematika ini. Seringkali kita banyak membantu dia karena merasa tidak enakan kalau harus menolak.

Padahal hal ini gak masalah kok guys. Kalau kamu merasa memang ia sudah kelewat batas atau, memang tidak ingin diganggu dulu dengan kebergantungannya, langsung saja katakana tidak. Tapi tentunya, harus tetap sopan ya.

3. Yakinkan Kalau Ia Bisa Memecahkan Masalahnya

Biasanya teman yang selalu bergantung ke kita adalah teman yang merasa gak bisa memecahkan masalahnya. Atau dengan kata lain, ia gak merasa percaya diri. Nah disini nih tugas kita sebagai teman yang baik.

Spesifiknya, tugas kita adalah meyakinkan teman kita tersebut bahawa dia, bisa memecahkan masalahnya sendiri. Yakinkanlah bahwa ia juga  adalah sosok yang kuat dan bisa melakukan semuanya.

4. Berikan Pujian

Maksudnya disini, ketika ia sudah bisa memecahkan masalahnya seorang diri, berikanlah pujian sederhana seperti: “Tuh kan lo bisa”, “siapa dulu dong Budi ya gak?”

ARTIKEL TERKAIT •
5 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Perlu Sering Curhat Dengan Teman

Pujian-pujian seperti ini kesannya basa-basi banget. Tapi percayalah guys bagi mereka yang merasa gak bisa memecahkan masalahnya sendiri, sangat signifikan banget. Karena, akan menumbuhkan rasa percaya dirinya lebih jauh lagi.

Nah nantinya kalau sering dipuji dan rasa percaya dirinya kian bertambah, otomatis ia secara perlahan akan mengurangi kebiasaannya yang selalu bergantung terus ke kita tersebut. Semoga tips ini bermanfaat ya guys!

Add comment