5 Kegiatan Bersama Anak Saat Self Isolation Hingga Virus Corona Mereda

in ,
5 Kegiatan Bersama Anak Saat Self Isolation Hingga Virus Corona Mereda
5 Kegiatan Bersama Anak Saat Self Isolation Hingga Virus Corona Mereda

Sejumlah daerah di Indonesia menerapkan self isolation atau mengisolasi diri sendiri di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga dan anak agar mengisolasi diri tidak membosankan.

Jangan sampai mengisolasi diri malah membuat kecemasan Anda kian meningkat. Ciptakanlah suasana yang nyaman dan menyenangkan agar self isolation meningkatkan hubungan satu sama lain.

Kreatiflah dalam membuat aktivitas dan permainan di rumah bersama anak,” kata psikolog Personal Growth Gracia Ivonika kepada CNNIndonesia.com.

Berikut sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak saat self isolate virus corona.

1. Belajar dan bekerja sama

Pemerintah mengalihkan kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi belajar jarak jauh di rumah. Orang tua juga ditugaskan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Kombinasikan kegiatan ini bersama anak untuk bekerja dan belajar bersama.

Buatlah jadwal bekerja dan belajar bersama di rumah secara disiplin. Meski bekerja dan belajar, usahakan buat suasana yang santai dan menyenangkan seperti menyiapkan makanan ringan. Selingi pula kegiatan belajar dan bekerja dengan permainan atau menonton agar tak membosankan.

ARTIKEL TERKAIT •
Karena Virus Corona, Tzuyu Twice Dikarantina di Taiwan

2. Permainan

Siapkan beragam permainan yang dapat dilakukan seluruh anggota keluarga. Jika tak memiliki permainan fisik, manfaatkan permainan yang tersedia secara online. Terapkan pula sistem hadiah atau hukuman yang sederhana dan menyenangkan bagi pemenang dan yang kalah.

Permainan yang bersifat edukatif juga bisa dilakukan bersama anak.

“Ada banyak cara untuk bersenang-senang dan mendidik, tidak hanya duduk di meja dengan buku terbuka, ” kata anggota Homeschool Association of California, Jamie Heston, dikutip dari CNN.

3. Memasak

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan senang dilibatkan dalam banyak kegiatan. Tak ada salahnya melibatkan anak dalam memasak. Pilihlah menu yang disukai anak dan mudah dibuat seperti kue, puding, dan es krim.

Anak dapat diminta untuk menyiapkan bahan, mengaduk bahan, menghias makanan. Saat makanan siap disajikan, jelaskan pada anak bahwa hasil memasak itu merupakan hasil usaha yang dilakukan oleh anak.

4. Berkebun

Ajak pula anak untuk berkebun, menanam, atau merawat bunga. Kegiatan ini dapat jadi kegiatan yang edukatif pada anak. Ajarkan anak untuk berkebun mulai dari menanam bibit, menyiram setiap hari, hingga tanaman berbunga atau berbuah.

ARTIKEL TERKAIT •
Kota-kota China, Korea, Italia Banyak Dikarantina Karena Virus Corona

5. Aktivitas seni

Lakukan pula kegiatan yang sesuai dengan minat dan hobi anak. Tanyakan pada anak apa yang ingin mereka lalukan. Misalnya karaoke bersama, menari, atau melukis.

Kegiatan membuat kerajinan tangan yang berguna juga dapat dilakukan bersama anak. Cari kerajinan tangan dengan bahan yang mudah didapat dan mudah dibuat. Kegiatan seni dapat melatih otak kanan anak, kesabaran, dan apresiasi diri.

Berikan Nilai Untuk Konten ini