Korban Virus Corona Terus Meningkat, Indonesia Belum Ada Kasus, WHO Terheran-heran

in ,
Korban Virus Corona Terus Meningkat, Indonesia Belum Ada Kasus, WHO Terheran-heran
Korban Virus Corona Terus Meningkat, Indonesia Belum Ada Kasus, WHO Terheran-heran

Kasus virus corona telah merebak ke berbagai negara, dari Asia, Eropa, hingga Amerika nyari ada beberapa kasus terdampak virus corona.

Namun, yang menarik perhatian adalah Indonesia yang saat ini merupakan salah satu negara Asia besar yang bebas dari virus corona meskipun negara tetangga dari Indonesia telah dikepung oleh virus mematikan ini.

Kondisi ini justru menjadi perhatian organisasi kesehatan dunia (WHO).

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, Organisasi Kesehatan Dunia ini justru menyebutkan bahkan Indonesia harus lebih berbuat banyak.

WHO menginginkan agar Indonesia meningkatkan kewaspadaan dan deteksi kasus dari persiapan di fasilitas kesehatan.

Terlebih serangkaian warga Asutralia yang tinggal di Bali telah didiagnosis menderita pneumonia, namun pengujian oleh otoritas kesehatan masih terbatas. Perwakilan WHO di Indonesia, Dr. Navaratnasamy Paranietharan mengatakan negara itu telah mengambil langkah konkret.

Termasuk menaruh sensor di perbatasan Internasional dan menyiapkan rumah sakit yang ditunjuk menangani kasus-kasus potensial.

“Indonesia sedang melakukan persiapan untuk menghambat masuknya virus corona tipe baru ini,” ujar Dr. Navaratnasamy.

ARTIKEL TERKAIT •
Ketakutan Rakyat China Atas Virus Corona Tipe Baru Yang Memakan Banyak Korban

Diketahui sebelumnya jika negara-negara sekeliling Indonesia seperti Australia, Thailand, Malaysia, Singapur, Vietnam, Kamboja, dan Filiphina, semuanya telah mencatat kasus-kasus baru.

Dilansir oleh AFP, Senin (10/2/2020), korban jiwa melonjak menjadi 902 orang setelah Hubei melaporkan ada 91 kasus kematian baru. Dalam laporan hariannya, komisi kesehatan Hubei juga mengkonfirmasi 2.618 kasus baru di pusat provinsi, di mana wabah tersebut muncul pada Desember 2019.

Saat ini sudah ada lebih dari 39.800 kasus yang sudah dikonfirmasi di seluruh China, berdasarkan angka yang rilis sebelumnya dari pemerintah. Jumlah korban telah melampui jumlah kematian global yang disebabkan oleh virus SARS, yang menewaskan 774 orang pada 2002-2003.

Berikan Nilai Untuk Konten ini