NewspediaDunia

Peringatan Darurat Untuk 19 Daerah di Indonesia Terkait Virus Corona

Setelah beberapa hari yang lalu menyebar luas virus corona ke berbagai negara, Kementerian Kesehatan di Indonesia mengambil langkah dengan menyiapkan semua daerah untuk menetapkan rumah sakit tujukan jika ditemukan suspect kasus penularan virus corona, selain itu ada beberapa daerah yang juga diperketat pengawasannya.

“Diperkuat pengawasannya karena ada penerbangan langsung dari Tiongkok baik darat, udara, maupun laut,” ujar dari Direktur Survailans dam Karantina kesehatan Kemenkes, Vensya Sitohang, MEpid, saat dijumpai di Kantor Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Adapun daerah yang diberi pengawasan antara lain adalah:

  1. DKI Jakarta
  2. Tarakan
  3. Jambi
  4. Bandar Lampung
  5. Padang
  6. Tanjung Balai Karimun
  7. Palembang
  8. Batam
  9. Bitung
  10. Samarinda
  11. Manokwari
  12. Surabaya
  13. Denpasar
  14. Manado
  15. Tanjung Pinang
  16. Sampit
  17. Tangerang
  18. Balikpapan
  19. Bandung

19 daerah ini, selain menyiapkan fasilitas kesehatan, di pintu masuk negara juga telah disediakan 860 set alat pelindung diri, 12 ribu masker n95 dan 35ribu Health Alert Card.

“Sekarang kita mengumpulkan semua informasi mengenai kondisi fasilitas kesehatan apakah membutuhkan tambahan fasilitas maupun SDM, di Bali termasuk Rumah Sakit Sanglah dan Rumah Sakit Tabanan kita sudah tunjuk untuk kejadian semacam ini,” jelas Dr. Asral Hasan MPH, Kasubdit Penunjang Yankas Rujukan Kemenkes.

Disebutkan juga bahwa untuk mengantisipasi kejadian pandemi virus corona, kemenkes telah menyiagakan 100 rumah sakit rujukan untuk penyakit emerging di berbagai daerah, semua rumah sakit tersebut juga telah memiliki sarana dan prasarana sesuai standar untuk menangani kasus serupa.

Dilansir CNN, Pemerintah Hubei, China menyatakan bahwa lebih dari 2.000 orang terjangkit virus mematikan ini dan 52 orang meninggal dunia pada hari Minggu (26/1)

Virus Corona yang tidak diketahui pasti cara penularannya telah menimbulkan kekhawatiran secara global, virus ini mirip SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang membuat ratusan orang meninggal dunia di seluruh daratan China dan Hongkong pada tahun 2002-2003.

Ratusan dokter militer telah dikirim ke Hubei dan pihak berwenang bergegas membangun rumah sakit khusus untuk menangani krisis virus corona.

Saat ini pemerintah China menutup akses keluar dan masuk di lebih dari 12 kota, termasuk Wuhan di Hubei dan melakukan upaya karantina.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN