Mahfud MD Bicara Paling Lama Tapi Paling Lancar Saat Debat Cawapres

Survei Litbang Kompas soal debat cawapres menunjukkan Mahfud MD memiliki waktu bicara terpanjang dalam debat calon wakil presiden 2024.

5
0

Survei Litbang Kompas soal debat cawapres menunjukkan Mahfud MD memiliki waktu bicara terpanjang dalam debat calon wakil presiden.

Dalam debat cawapres yang sudah terselenggara pada Jumat (22/12/2023), Mahfud MD, calon wakil presiden nomor urut 3, mencatatkan sebagai cawapres yang paling aktif berbicara.

Baca Juga: Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024

Mahfud MD

Menurut perhitungan dari Litbang Kompas, Mahfud mengucapkan sebanyak 2.957 kata selama debat yang berlangsung selama 120 menit. Lima kata yang paling sering terucap oleh Mahfud adalah ekonomi (21 kali), orang (14 kali), pajak (14 kali), korupsi (13 kali), dan hukum (12 kali).

Secara keseluruhan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut mengeluarkan waktu selama 26 menit 2 detik untuk berbicara.

Cak Imin

Selama debat, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, berhasil mengeluarkan 2.444 kata. Muhaimin paling sering menggunakan kata investasi sebanyak 17 kali, lanjut dengan kata pemerintah, ekonomi, pembangunan, dan infrastruktur yang masing-masing sebanyak 11 kali.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berbicara selama 24 menit dan 3 detik.

Gibran Rakabuming

Cawapres nomor urut 2, yaitu Gibran Rakabuming Raka, menggunakan kata-kata paling sedikit, yaitu 2.419 kata. Kata yang sering terucap oleh Gibran adalah masalah (21 kali), Indonesia (17 kali), hilirisasi (11 kali), pembangunan (10 kali), dan anak-anak (10 kali).

Dalam sesi debat, Wali Kota Surakarta itu menghabiskan waktu selama 21 menit 5 detik untuk berbicara.

Baca Juga: Debat Cawapres Kemarin Belum Hasilkan Solusi Konkret

Survei Berdasarkan Penghitung Litbang

Gibran Disebut Pakai Teknik Hipnoterapi Saat Debat Cawapres

Sumber data ini berasal dari semua sesi debat menggunakan aplikasi penghitung kata Litbang Kompas dan Google Voice Typing. Data yang tidak termasuk kata keterangan, kata hubung, kata tunjuk, dan kata ganti.

Survei juga melakukan pemetaan opini masyarakat mengenai penampilan tiga calon wakil presiden dalam debat. Masyarakat yang disurvei diminta memberikan penilaian dalam skala 1-10 pada calon wakil presiden. Semakin tinggi angka yang mereka berikan, maka penilaian semakin bagus.

Berdasarkan hasil survei, Mahfud MD dianggap memiliki kemampuan menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas. Anggapan padanya juga bahwa ia memiliki pemahaman yang baik terhadap permasalahan yang jadi tema dalam debat malam itu.

Anggapan untuk Muhaimin juga memiliki penampilan terbaik saat berada di atas panggung debat.

Baca Juga: Performa Semua Capres di Debat Pertama Pilpres 2024

Dalam debat, responden memberikan penilaian rinci terhadap tiga calon wakil presiden.

Mengungkapkan jawaban dengan fasih dan terperinci

  1. Muhaimid Iskandar: 7,0
  2. Gibran Rakabuming: 7,1
  3. Mahfud MD: 7,5

Memiliki pemahaman yang mendalam tentang topik yang menjadi perdebatan.

Tinggalkan Balasan