Rakyat Indonesia Kebal Dari Virus Corona? Ini Penjelasan Dari Kemenkes Indonesia

in ,
Rakyat Indonesia Kebal Dari Virus Corona? Ini Penjelasan Dari Kemenkes Indonesia
Rakyat Indonesia Kebal Dari Virus Corona? Ini Penjelasan Dari Kemenkes Indonesia

Sebanyak 18 negara telah dinyatakan terjangkit virus coronah hingga kamis (30/1/2020). Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono mengatakan, ada sejumlah kondisi yang menyebabkan Indonesia tak ikut terkena wabah virus corona.

Kondisi itu bukan karena Indonesia sepenuhnya terbebas dari virus, tetapi hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh masyarakatnya.

“Saya enggak yakin kalau Indonesia tidak ada virusnya, virusnya mungkin sudah ada tetapi orang Indonesia lebih sehat,” ujar Anung di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

“Sebagaimana yang pak Menteri (Menteri Ksehatan, Terawan Agus Putranto) selalu mengatakan, daya tahan tubuh kita imunitas itulah yang bisa menolong kita,” ujarnya.

Anung lantas mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga daya tahan tubuh. Imunitas yang kuat, kata dia, didapatkan dari gaya hidup sehat.

Hidup sehat yang paling sederhana adalah dengan cukup makan, cukup istirahat, dan cukup olahraga.

Ia menyarankan publik untuk tak beraktivitas secara berlebihan apa pun bentuknya, termasuk berlebih apa pun bentuknya, termasuk berlebih dalam olahraga karena hal itu justru akan menurunkan imunitas.

ARTIKEL TERKAIT •
Asal Usul Bakso, Ternyata Dari Tiongkok

“Disamping berdoa, itu sarannya pak menteri,” ujar Anung.

Selain itu Anung meminta masyarakat untuk mencukupi kebutuhan vitamin. Akan tetapi, kadar vitamin pun disarankan untuk berlebihan.

Jika makanan yang dikonsumsi sudah cukup mengandung vitamin, maka tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen yang diproduksi oleh perusahaan.

“Dalam kerangka herbal, kalau kita meyakini angka antioksidannya sudah banyak ya itulah yang sebenarnya kita lakukan. Tidak perlu kita membeli antioksidan untuk dikonsumsi secara khusus untuk mencegah ini,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona Wuhan atau 2019-nCoV masih terus bertambah

Pihak pemerintah China mengumumkan hingga Kamis (30/1/2020) pagi, sebanyak 170 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona, jumlah itu bertambah dari sebelumnya 132 orang pada Rabu (29/1/2020) siang.

Angka ini naik dari yang dilaporkan sehari sebelumnya, dan meruapakan kenaikan sebesar 29 persen.

Sementara itu ada 7.864 kasus terkonfirmasi virus corona yang masih 1 keluarga besar dengan SARS dan MERS ini.

Berikan Nilai Untuk Konten ini