Suhu Antartika Meninggi, Dunia Akan Terancam

in ,
Suhu Antartika Meninggi, Dunia Akan Terancam
Suhu Antartika Meninggi, Dunia Akan Terancam

Laju pencairan amat cepat di lapisan es abadi Antartika ini akibat suhu panas mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah. Seluruh dunia kena tegahnya.

Dua pekan lalu, suhu di benua Antartika mencapai 18,3 derajat celcius, menjadikannya cuaca terpanas yang penah tercatat di kutub selatan. Suhu ekstrim yang terjadi selama 5-13 Februari menyebabkan perubahan dramatis pada lapisan es. Proses pelelehannya diabadikan oleh satelit Landsat 8 NASA, yang gambarnya kini sudah dirilis.

Gambar tersebut memperlihatkan penghijauan yang cepat di Eagle Island, sebuah daratan di ujung semenanjung Antartika, dalam kurun waktu sembilan hari. Eagle Island berjarak sekitar 40 kilometer dari pangkalan Esperanza, tempat rekor suhu terpanas tercatat.

Ketika gelombang panas berlangsung, lapisan es dengan cepat meleleh hingga membentuk kolam seluas 2,5 kilometer persegi. Sekitar empat inci salju terkikis, dan kemudian meleleh seperempatnya saat suhu memecahkan rekor tertinggi pada 6 Februari. NASA memperkirakan gelombang panas mencairkan sekitar 20 persen dari akumulasi salju musiman di Eagle Island.

“Ini pertama kalinya saya menyaksikan pembentukkan kolam secepat ini di Antartika,” ujar Mauri Pelto, ahli glasiologi di Nicholas College, di pos NASA. “Pelelehan semacam ini biasanya terjadi di Alaska dan Greendland, tidak pernah di Antartika.”

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Banyak Dari Kita Seringkali Termakan Informasi Hoax?

Gelombang panas sangat kuat tahun ini akibat pola cuaca atipikal di lepas pantai Amerika Selatan. Pada suhu puncak, cuaca Antartika lebih panas dari Orlando, Florida. Meskipun kedengarannya aneh, para ilmuwan menduga fenomena ini akan semakin sering terjadi sebagai dampak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Pemanasan Global

Pemanasan global adalah fenomena perubahan iklim drastis akibat kenaikan suhu rata-rata pada atmosfer, laut, dan daratan, bumi. Jadi nggak heran kalau akhir-akhir ini kamu merasa gerah. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, mungkin kita dapat memprediksi di bulan apa saja hujan akan datang, namun saat ini musim hujan sudah tidak dapat diprediksi dengan mudah.

Tanda-tanda pemanasan global dapat dilihat di sekitar kita. beberapa yang dapat terlihat adalah kenaikan suhu permukaan bumi, permukaan laut yang naik, badai yang semakin terjadi, iklim yang kacau, dan es di kutub mencair sedikit demi sedikit.T

Berikan Nilai Untuk Konten ini