Tips Aman Kerja Di Rumah Agar Tidak Jadi Korban Hacker Perihal Isolasi Diri Karena Virus Corona

in ,
Tips Aman Kerja Di Rumah Agar Tidak Jadi Korban Hacker Perihal Isolasi Diri Karena Virus Corona
Tips Aman Kerja Di Rumah Agar Tidak Jadi Korban Hacker Perihal Isolasi Diri Karena Virus Corona

Pakar mengingatkan bahaya serangan malware dan hacker yang hendak mencuri data dan informasi ketika harus bekerja dari rumah (work from home/ WFH) guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebab, dengan bekerja dari rumah ada kemungkinan perangkat pengguna menjadi alat bagi para hacker untuk menyusup ke dalam jaringan perusahaan pemerintah.

“Sebenarnya bukan hanya malware, tapi juga menghindari hacker yang ingin mencuri data dan informasi lewat jaringan koneksi online,” jelas keamanan siber dari CISSRec, Pratama Persadha saat dihubungi, Senin (16/03/2020).

Untuk itu, ia menyarankan agar perusahaan dan pemerintah mengedukasi keamanan siber paling mendasar untuk para pegawai. Misal, dimulai dengan cara mengamankan email, akun media sosial, dan wifi rumah.

Menurut pratama, untuk membangun sistem kerja jarak jauh yang aman, ada 4 hal yang harus disiapkan. Kelima hal ini terkait dengan desain arsitektur sistem, metode otentikasi, teknologi enkripsi, acces control dan endpoint security.

Ia lantas membeberkan sejumlah tips ketika menerapkan konsep kerja dari rumah sebagai imbas wabah virus corona (SARS-CoV-2).

ARTIKEL TERKAIT •
Pemerintah Indonesia Mencari Pulau Khusus Tangani Wabah Virus Corona

1. Reset password wifi rumah

“Misalnya soal keamanan, pegawai saat menjalankan WFH harus melakukan reset password wifi rumahnya. Juga mengurangi bahkan tidak memakai flashdisk saat memindahkan data, karena itu pengguna cloud sangat dianjurkan,” ujar Pratama.

2. Tidak pakai wifi publik

Pratama juga meminta agar pemerintah dan swasta mengimbau untuk tidak memakai wifi publik saat mengakses sistem kantor dan pemerintah.

3. Anti virus, dan enkripsi

Pratama menyarankan perangkat yang dipakai para pegawai untuk WFH harus dicek keamanannya. Minimal ada anti virus dan VPN sebagai tambahan keamanan.

Pada tingkat lebih lanjut, pegawai juga harus dilengkapi oleh sistem yang lengkap dengan enkripsi, sehingga data terlindungi.

4. Peningkatan jaringan keamanan kantor

Pratama menjelaskan ini momentum tepat untuk melatih pemerintah dan negara untuk menggunakan teknologi komputasi awan (cloud) secara luas. WFH sangat membutuhkan cloud.

untuk skala menengah kecil penggunaan cloud yang gratis dan dasar sudah cukup. Ada dropbox, mycloud dan berbagai clud lokal di tanah air.

ARTIKEL TERKAIT •
Pemerintah Wuhan Sempat Menutupi Kasus Virus Corona! Dokter Li Meninggal Dunia

Berikan Nilai Untuk Konten ini