5 Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat Ketika Berdiskusi

in
950ef772d113
950ef772d113

Ini dia 5 tips oke dalam menghadapi perbedaan pendapat ketika berdiskusi atau berargumen.

Gak dipungkiri dalam proses berdiskusi atau bahkan berargumen, yang namanya perbedaan pendapat / opini itu pasti ada banget.

Dan gak dipungkiri ketika mengalami ini, adalah emosi kita yang pertama kali meluap-luap tak karuan. Tak ayal hal ini tentunya akan merugikan tidak hanya hubungan kita dengan sekitar, namun juga terhadap kesahatan diri sendiri.

Nah, apabila kamu tidak ingin mengalami hal yang demikian, yuk langsung saja nih simak 5 tips oke nan jitu dalam menghadapi perbedaan pendapat ketika sedang berdiskusi tersebut.

1. Jangan Cepat Emosi

Tips pertama dalam menghadapi perbedaan ketika berdiskusi atau berargumen ini adalah pengulangan di paragraf pembuka.

Gue sengaja ulang karena ya memang hal ini yang harus kita lakukan banget. Sekali lagi memang sebel atau kesal rasanya kalau pendapat kiat disanggah atau dianggap salah.

Tapi ya sekesal-kesalnya jangan langsung “panasan” juga. SABAR. Dan ingat sabar itu tiada berbatas. Juga jangan langsung pasang muka kecut. Tunjukkan sikap elegan dan dewasa yang tinggi ke lawan bicara kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Cowok Harus Tau! Tanda-tanda Cewek Yang Menjadi Temanmu Tertarik Padamu

2. Dengarkan Dan Cerna Dulu

Nah kalau emosi sudah bisa kamu kontrol. Silahkan deh kamu bertanya mengapa pendapat dia dalam sesi berdiskusi ini beda banget dari kita atau dari yang lainnya?

Pokoknya nih, dengarkan dulu deh. Jangan langsung sanggah dan serang begitu saja. Siapa tahu saja, argumen dia masuk akal WALAU sekali lagi, beda banget dengan pandangan kita. Ya dengan kata lainnya disini, jangan egois deh.

3. Berpikir Dulu Sebelum Berpendapat

Nah apabila kamu ingin menyanggah perbedaan pendapat nya, ya sebaiknya kamu berpikir dulu sebelum mengeluarkan sanggahannya.

Atau dengan kata lain, jangan ASAL NGEBUL! Kalau kamu asal ngebul dan ditambah, argumen kamu lemah sifatnya, ya wes deh, yang ada perbedaan pendapat kian tajam dan suasana kian memanas.

4. Semua Orang Berbeda-beda

Nah ini nih satu prinsip yang sayangnya, selalu dienyahkan begitu saja kalau sedang berargumen atau beda pendapat.

Ketika sedang melakukan ini, banyak dari kita yang langsung menyamakan atau meng-generalisir kita dan dia. Padahal seperti kita tahu, manusia itu diciptakan berbeda-beda oleh tuhan bukan?

ARTIKEL TERKAIT •
Pantaskah Mendukung Anti Feminisme?

Alhasil pastinya, tiap-tiap orangnya, pasti akan memiliki pandangan / opini yang berbeda-beda.

Kalau kamu menanamkan sifat ini, dijamin kamu akan bisa lebih dewasa ketika menghadapi perbedaan pendapat nya.

5. Jangan Membawa-bawa Hal Bersifat Pribadi

Nah ini lagi nih yang sering menjadi pemicu pertengkaran hebat bahkan brutal ketika memiliki perbedaan pendapat. Selalu mengeluarkan pendapat atau kalimat yang sudah masuk atau menyinggung rana pribadi.

Ini sangat dilarang banget. Terkecuali, kamu memang sedang berdiskusi / berargumen yang sifatnya membicarakan keburukan atau nilai minus dari sifat atau sikap seseorang, sebaiknya jangan deh membawa hal yang pribadi banget oke?

Itulah tadi 5 tips oke untuk menghadapi perbedaan pendapat ketika berdiskusi. Semoga bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini