Mengapa sih Waktu Siang Hari, Langit Berwarna Biru? Ini Penjelasannya

in
Alasan Langit Berwarna Biru Siang Hari
Alasan Langit Berwarna Biru Siang Hari

Coba deh kamu keluar rumah di siang hari dan melihat ke atas, pasti kamu melihat langit biru yang membentang luas. Nah, Pernahkan kamu berpikir untuk mencari tahu mengapa sih langit berwarna biru?

Coba deh kamu keluar rumah di siang hari dan melihat ke atas, pasti kamu melihat langit biru yang membentang luas. Nah, Pernahkan kamu berpikir untuk mencari tahu mengapa sih langit itu berwarna biru?

Sedangkan pada pagi hari atau sore hari, langit tidak berwaran biru, melainkan warna jingga atau keunguan. Faktanya terdapat sebuah penjelasan mengenai warna langit yang berbeda-beda ini, guys.

Berikut penjelasan mengapa saat siang hari langit itu berwarna biru, dan bagaimana bisa saat pagi atau sore hari warna langit berubah.

Alasan langit berwarna biru

Penjelasan mengapa warna langit adalah biru adalah karena pengaruh dari interaksi antara atmosfer Bumi dengan cahaya Matahari. Hamparan warna biru langit yang membentang luas di siang hari adalah hasil dari sebaran cahaya Matahari oleh molekul di udara.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa ya Lalat Sangat Sulit Ditangkap atau Dipukul, Ini Alasannya

Baca Juga: 5 Aplikasi Buat Pencinta Astronomi Untuk Mengamati Benda Langit

Mengapa Langit Berwarna Biru Saat Siang Hari
Mengapa langit berwarna biru saat siang hari | Youtube/pemandangan langit

Kita tahu warna cahaya Matahari adalah putih yang tersusun dari rangkaian berbagai warna, yaitu ungu, hijau, oranye, biru, kuning, dan merah. Dan itulah yang menyebabkan mengapa pelangi bisa timbul, saat cahaya Matahari dibelokkan oleh rintisan air hujan.

Setiap cahaya yang terpancar mempunyai warna yang tidak sama dan perbedaan panjang gelombang. Cahaya yang terlihat tak mempunyai panjang gelombang dapat dilihat oleh mata manusia.

Panjang gelombang terpendek yang dapat dilihat oleh manusia adalah warna biru. Sedangkan yang terpanjang adalah warna merah bagi mata manusia.

Saat cahaya Matahari memasuki atmosfer bumi, maka panjang gelombang cahaya berwarna merah, kuning, oranye, dan hijau saling berbaur hingga tampak seperti warna putih.

Baca Juga: Elang Ini Bawa Domba Terbang Ke Langit, Kuat Juga Ya Ternyata!

Sementara itu, gelombang ungu dan biru mempunyai panjang yang tepat dan memantul dari molekul udara di atmosfer. Sehingga cahaya berwarna ungu dan biru akan lebih tersebar di langit. Namun cahaya berwarna ungu lebih banyak diserap oleh atmosfer Bumi bagian atas.

ARTIKEL TERKAIT •
Hal Sepele Yang Membuat Pemain PUBG Mobile dan Free Fire Sering Bertengkar

Dan itulah alasan mengapa saat siang hari langit itu berwarna biru. Terlebih lagi, biru adalah warna yang lebih peka dilihat mata manusia dibanding warna ungu.

Alasan langit berubah warna saat terbit dan terbenam

Langit Pagi Dan Sore Hari
Langit pagi dan sore hari | bbc.com

Ketika cahaya Matahari tinggi menyinari saat siang hari, cahayanya tampak terlihat berwarna putih.

Lalu, ketika cahaya Matahari mulai merendah di langit, maka cahaya akan melalui bagian atmosfer yang lapisannya lebih tebal. Oleh karena itu, cahaya hijau dan biru menyebar sedangkan cahaya kuning dan merah tampak oleh mata kita dengan mudah.

Baca Juga: Viral Aliran Air Rumah Keruh, Warganet Sebut PDAM Kolaborasi Dengan Kedai Kopi

Dan lagi, langit yang berwarna merang, kuning, atau keunguan dipengaruhi oleh partikel debu, uap air, dan polusi yang memantulkan dan menyebarkan cahaya berwarna kuning dan merah.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.