5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Banget Ketika Memilih Tempat Kerja

in
Ilustrasi Memilih Tempat Kerja
Ilustrasi Memilih Tempat Kerja

Berikut, adalah 5 hal yang harus dipertimbangkan banget oleh kamu ketika memilih tempat kerja.

Mau itu baru lulus (fresh graduate) atau, sudah pengalaman dan baru resign. Memilih tempat kerja baru bukanlah hal yang bisa diputuskan begitu saja. Tentunya harus melalui berbagai pertimbangan dulu.

Nah dari semua hal yang dipertimbangkan tersebut, berikut adalah 5 hal pertama yang harus benar-benar dipertimbangkan.

1. Keahlian Kita

Inilah yang pertama kali yang harus dipertimbangkan banget ketika memilih tempat kerja. Apakah perusahaan ini bergerak di bidang yang merupakan kebisaan kita?

Atau apakah perusahaannya memiliki posisi yang sesuai seperti keahlian kita? Memang sih banyak yang bilang, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Dan faktanya, memang banyak sih yang bekerja tidak sesuai dengan keahliannya.

Tapi alangkah baiknya bekerja sesuai dengan keahlian. Karena hal ini bisa menghemat semuanya. Ya waktu, tenaga, dan sumber daya yang diberikan oleh perusahaannya.

2. Reputasi Perusahaan

Hal kedua yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih tempat kerja adalah melihat reputasi perusahaan.

Dicek banget-banget. Apakah perusahaan yang kamu incar atau ingin masuki ini, adalah perusahaan yang sudah punya nama? Apakah baik reputasinya? Apalagi kalau sudah terkenal, wah kamu jadi bisa menimang dengan sangat bijak deh.

Satu aja pesan gue nih: Tidak semua perusahaan ngetop pasti bagus reputasinya (enak kerjanya) dan, tidak lantas juga perusahaan yang nama / reputasinya biasa saja atau belum negtop, gak enak atau buruk kualitasnya.

3. Jenjang Karir

Setelah tahu tempat kerja ini menyediakan posisi sesuai jeahlian, lalu memiliki rerputasi oke bahkan, ngetop. Sekarang, kamu cek deh tuh. Apakah ke depannya kita bisa memiliki jenjang karir yang oke?

Kalau sekiranya jenjangnya gak terlalu tinggi atau bahkan di posisi itu-itu aja selama kataknlah 4 tahun, wah sebaiknya cari lagi yang lain deh guys. Kita bekerja tentunya ingin terus bertambah maju dan bukannya mundur ya kan?

4. Gaji

Jangan munafik, dan jangan sok gak enak oke? Kita bekerja untuk mencari uang bukan? Kecuali kita memang kerjanya mau volunteer saja. Nah itu baru deh kita gak mau terlalu musingin urusan gaji.

Tapi kalau kita tujuannya untuk mencari nafkah, maka poin ini ya memang wajib dipertimbangkan di awal-awal. Apakah gaji perusahaan ini bisa menjamin kehidupan kita sehari-hari?

Dan apakah, ia berani bayar mahal atau lebih sesuai dengan experience kerja kita yang katakanlah sudah 5-8 tahun pengalaman di bidangnya? Semua itu pokoknya wajib dipertimbangkan.

5. Lokasi Kerja

Setelah mengetahui jumlah gaji yang didapatkan dan katakanlah, udah mau untuk kerja di perusahaan incaran ini. Sekarang, cek ricek lagi jarak lokasi dari rumah ke kantornya.

Apakah jauh banget? Apakah dekat banget? Apakah bisa remote seperti Bebaspedia ini? Kalau memang bisa remote atau dari rumah aja, tentunya hal ini sangatlah menguntungkan dari segi ongkos dan tenaga bukan?

Dan juga kamu bekerjanya bisa bebas kapan saja. Atau, bisa bagi waktu sendiri. Nah sebaliknya, kalau harus ke kantor setiap hari, perhitungkan baik-baik dan sesuaikan dengan kondisi finansial kamu saat ini.

Jangan sampai kamu kerja, gajinya cuma habis di ongkos dan uang makan saja oke? Semoga tips-nya bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini