SportPedia

5 Cara Agar Terhindar Pegal dan Nyeri Otot Seusai Berolahrga

Berikut adalah 5 cara / trik agar terhindar dari rasa pegal dan nyeri seusai berolahraga.

Gak memungkiri terkadang ketika kita selesai berolahrga, badan terasa pegal, bahkan nyeri-nyeri. Padahal sebenarnya, hal ini gak boleh terjadi.

Rasa pegal-pegal ini terjadi karena serat otot yang benar-benar terkotak saat berolahraga. Biasanya terjadi setelah melakukan olahraga kategori yang berat-berat banget.

Pegal atau nyeri setelah olahraga ini biasanya bisa bertahan berhari-hari baru nantinya, pulih dengan sendirinya.

Tak pelak hal ini sangat gak enak banget bukan? Nah agar bisa terhindar, yuk langsung saja ikuti 5 tips terhindar dari pegal dan nyeri otot sesuai berolahraga-nya berikut ini.

1. Olahraga Ringan

Biasanya setelah merasakan pegal dan nyeri otot, kita menjadi enggan banget untuk olahraga lagi. Inginnya istirahat terus saja.

Sebenarnya hal tersebut gak salah dan wajar. Tapi alangkah lebih baiknya kita menyembuhkan pegal-pegalnya dengan melakukan olahraga ringan. Karena olahraga ringan bis ameningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, juga bisa meningkatkan nutrisi tubuh sehingga, bisa mempercepat proses penyembuhan otot-otot yang pegal dan nyeri tersebut.

2. Meregangkan Otot

Kita selalu mendengar bahwa peregangan otot sangat baik untuk kita lakukan sebelum dan setelah berolahraga. Mengapa demikian?

Karena meregangkan otot adalah merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kaku dan pegal sekitar otot kita. Bukan hanay untuk hal tersebut, tapi juga agar membuat pergerakan kita terasa jauh lebih bebas banget.

3. Minum Banyak Air Putih

Ketika otot kita sedang sakit banget atau pegal banget setelah olahraga. Sebenarnya sejumlah racun tubuh sedang keluar.

Nah racun-racun inilah yang membuat rasa pegal dan nyeri otot tersebut terjadi. Air putih seperti kita tahu, berfungsi untuk membersihkan semua yang ada pada dalam tubuh termasuk, racun.

Jadi dengan fakta tersebut, kalau kamu tiba-tiba ototnya merasa pegal, nyeri, ngilu, langsung saja deh minum air putih banyak-banyak.

4. Banyak Konsumsi Protein

Proteina dalah zat nutrisi yang gak hanya memberikan energi pada tubuh. Namun juga, membangun dan mempertahankan otot tubuh kita.

5. Mendinginkan Bagian Yang Nyeri

Kalau kamu suka nonton WWE atau program olahraga lain, terlihat setelah bergulat atau bertinju, pegulat atau petinjunya, langsung memegang kompres es besar (ice pack).

Lalu ice pack tersebut langsung mereka tekan-tekan atau kompres-kompres ke bagian badan yang nyeri atau pegal. Dan ternyata hal tersebut bukan sekedar action atau skenario.

Ice pack memang terbukti bisa mengurangi bengkak serta meminimalisasi pegal, nyeri, bahkan potensi radang sekitar area yang sedang nyeri tersebut. Itulah tadi 5 cara agar terhindar dari pegal dan nyeri setelah berolahraga. Semoga bermanfaat!

Related Posts