Perbedaan MotoGP Dan World Superbike?

in
Perbedaan Motogp Dan Superbike
Perbedaan Motogp Dan Superbike | Credit Image: Red Bull

Dunia memiliki berbagai macam ajang balapan berkelas. Dua di antaranya merupakan yang terbaik dalam ajang balap motor, yaitu MotoGp dan World Superbike.

Dua ajang ini jika dilihat sekilas memang tampak sama, baik dari tampilan motor dan juga mekanisme perlombaannya. Namun kenyataanya, dua ajang ini memiliki perbedaan yang mencolok.

Berikut ulasannya untuk kalian!

1. Motor

Merge From Ofoct
Yamaha YZR-M1 tahun 2018 dan YZF-R1 pada WorldSBK | Merge From Ofoct

Perbedaan paling besar pada kedua ajang tersebut terletak pada motor yang digunakan. MotoGP menggunakan motor prototype yang tidak diperjual belikan seperti motor pada biasanya. Motor jenis ini pun tidak diproduksi massal.

Sedangkan motor yang digunakan di ajang WorldSBK adalah motor pabrikan yang memang dijual belikan dan dipakai di jalan. Namun, motor pada WorldSBK dimodifikasi sedemikian rupa untuk kepentingan balapan.

2. Rem Motor

Motor pada WorldSBK masih menggunakan rem baja yang sama seperti motor-motor di jalan raya pada umumnya. Sedangkan MotoGP, motornya sudah diperbolehkan menggunakan rem karbon.

3. Stok Motor

Superbike Riders
Superbike Riders | Inside Motorcycle

Pebalap MotoGP memiliki dua motor di garasinya, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga terhadap kondisi tertentu yang mengaharuskan mengganti motor cadangan.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Sih Bedanya MotoGP dan World Superbike?

Sedangkan pebalap WorldSBK hanya memiliki satu motor, hal ini dapat memebrikan kesempatan tim yang hanya memiliki budget yang tidak banyak.

4. Kalender Balapan

MotoGP memiliki 19 seri dengan satu balapan di setiap seri, yang dimulai dengan sesi latihan hingga balapan di hari minggu. Sedangkan WorldSBK memiliki dua balapan di setiap serinya. WorldSBK memiliki 13 seri dalam semusim, mereka juga memiliki sesi latihan, namun diteruskan balapan hari sabtu dan minggu.

Di WorldSBK mengatur jadwal balapan agar tidak bertemu musim hujan, sedangkan di MotoGP tidak.

5. Asal Mula Balapan

Dulunya MotoGP bernama World Speed Championship. Ajan ini pertama kali dilakukan di Eropa pada tahun 1949. Perlombaannya berdasarkan kapasitas mesin, yakni 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc. Namun saat ini berevolusi menjadi Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Superbike dimulai di Amerika yang di tahun 1970-an diubah menjadi FIM 750 Cup. Kemudian istilah Superbike World Championship digunakan pada tahun 1988 yang dikenal sampai sekarang dengan beberapa katageorinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Berada di Dalam Mobil Saat Ada Petir, Berbahaya?

6. Promotor

Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) adalah federasi yang menaungi MotoGP sejak awal berdirinya di 1949. Kemudian di tiap negara dan sirkuit federasi ini melakukan kolaborasi dengan federasi terkait.

Lalu pada tahun 1992 FIM bekerja sama dengan Dorna Sports yang sampai sekarang menjadi promotor MotoGP bersama IRTA (asosiasi tim dan pembalap) dan MSMA (asosiasi pabrikan).

Sedangkan WorldSBK awalnya dipromosikan oleh Steve McLaughlin dari Selandia Baru. Lalu Flamini grup memiliki hak atas promotor tersebut, namun kini sama-sama dimiliki oleh Dorna Sports.

Referensi: gridoto.com

Berikan Nilai Untuk Konten ini