SportPedia

Ukuran dan Gambar Lapangan Bola Basket Standar Nasional dan Internasional

Berapa sih ukuran lapangan bola basket? Meskipun kamu jago dalam bermain basket, tapi rasanya keahlian tersebut akan sia-sia jika kamu tidak mengetahui berapa ukuran lapangan bola basket berdasarkan standar nasional dan internasional. Kami akan membahas ukuran dan gambar lapangan bola basket sesuai standar Nasional dan Internasional.

Seperti diketahui, bola basket merupakan cabang olahraga yang cukup digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kalau di Amerika Serikat liganya dikenal dengan nama National Basketball Association (NBA), nah di Indonesia sendiri kompetisi liga basketnya bernama Liga Bola Basket Indonesia (IBL).

Selain itu, kamu pun harus mengetahui secara detail ukuran mengenai lapangan bola basket. Mulai dari ukuran lingkaran tengah lapangan, ukuran garis three point, ukuran ring basket, dan sebaginya.

Ukuran dan gambar Lapangan Bola basket

1. Ukuran lapangan bola basket internasional (FIBA)

Ukuran Lapangan Bola Basket Standar Internasional
(Tokogunungagung.co.id)

Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA adalah badan pengatur internasional basket yang bermarkas di Jenewa, Swiss. Induk ini telah banyak memberlakukan aturan tentang olahraga bola basket.

Terdapat perbedaan ukuran lapangan bola basket internasional dengan nasional. Menurut FIBA, ukuran panjang= 28 meter dan lebar= 15 meter. Sementara itu, ukuran panjang diameter tengah= 3,6 meter. Dan jarak three point line 6,6 meter dari sisi corner 6,75 meter dari area tengah lapangan.

Sementara itu, standar yang digunakan oleh NBA adalah sebagai berikut:

  • Panjang= 28, 65 meter
  • Lebar= 15,24 meter
  • Jarak three point line 6,7 meter dari sisi corner spot dan 7,24 meter dari sisi tengah

2. Ukuran lapangan basket standar nasional

Sementara itu, untuk ukuran lapangan bola basket standar nasional yang sesuai dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi antara lain:

  • Panjang lapangan= 29 meter
  • Lebar lapangan= 15 meter
  • Garis lembaran bebas berjarak 4,57 meter dari titik lantai
  • Garis three point berjarak 7,24 meter dari ring basket dan 6,70 meter dari sisi corner
  • Radius busur= 1,22 meter
  • Diameter lingkaran pada pusat lapangan= 3,66 meter

3. Ukuran lingkar tengah lapangan basket

ukuran lingkar lapangan basket
(bolabasket.web.id)

Lingkar tengah atau yang juga dikenal dengan sebutan Center Cirlcle adalah garis yang berada di tengah lapangan di mana bentuknya lingkaran memiliki diameter 3,66 meter untuk standar NBA dan 3,6 meter untuk standar FIBA.

Lingkar tengah tersebut adalah menjadi tempat memulainya suatu pertandingan dan jika terjadi jump ball di tengah lapangan. Jarak lingkar tengah ke basket adalah 14 meter.

4. Ukuran ring basket

Ring Bola Basket
(Pixabay)

Sementara itu untuk ukuran ring basket antara standar FIBA dan NBA adalah sama.

Untuk tiang penyangga ring basket berjarak 1 meter dari garis akhir dan lebar papan pantul 1,2 meter serta panjang papan pantul 1,8 meter. Sedangkan papan bagian dalamya berukuran 0,45 meter.

Jarak papan pantul bagian bawah 0,30 meter ke bagian ring basket. Dan ring basket berukuran panjang 0,40 meter.

Sementara itu untuk tinggi ring basket jika mengikuti aturan standar internasional adalah 2,75 meter dan jika megikuti aturan standar nasional adalah 3,05 meter.

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Related Posts