7 Cara Mengatasi Filter Instagram Loading Lama, Gampang dan Efektif

in
Cara mengatasi filter instagram loading lama
Cara mengatasi filter instagram loading lama

Pastinya kamu pernah ngerasaian pengen nyobain filter baru di Instagram, tapi loading nya lama banget. Yang ada kamu nggak bisa gunain filter yang ingin kamu pakai. Nah, berikut bebaspedia akan memberikan 7 cara mengatasi filter Instagram loading lama atau loading terus.

Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Karena banyak fitur-fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya agar tetap aktif di media sosial. Salah satu fiturnya ialah Instagram Story atau Insta Story atau Snapgram.

Namun, terkadang pengguna mengalami masalah loading saat ingin menggunakan filter tersebut. Mungkin saja kamu salah satunya, bukan?

Penyebab Filter Instagram Loading terus

Penyebab Filter Instagram Loading Terus Menerus
Penyebab filter instagram loading terus menerus | recode.id

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi filter Instagram yang loading lama, ada baiknya kamu mengetahui apa sih yang menyebabkannya?

Berikut sejumlah penyebabnya, agar kamu tidak merasakannya terus menerus.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

1. Belum Diupdate

Penyebab pertama yang menyebabkan filter Instagram loading terus adalah kamu masih menggunakan Instagram versi lawas. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengupdate Instagram ke versi yang terbaru jika ada pemberitahuan untuk memperbaruinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Berhenti Dari Pekerjaan, Wanita ini Pilih Jadi Selebgram Seksi Supaya Banyak Uang

Atau jika kamu tidak ingin ribet harus melakukan update secara manual, kamu bisa mengaktifkan mode update secara otomatis melalui pengaturan di ponselmu.

2. Ponsel Tidak Kompatibel

Bagi kamu yang masih menggunakan smartphone jadul, tentunya tidak bisa menginstall semua aplikasi yang terdapat di Play Store maupun IOS Store. Pasalnya tidak semua aplikasi kompatibel atau mendukung dengan smartphone yang kamu miliki.

Karena itulah, spesifikasi HP harus sesuai dengan ketentuan pada aplikasi tersebut. Dan tentu salah satunya berlaku pada aplikasi Instagram.

Instagram telah memberikan spesifikasi tertentu mengenai sistem operasi apa saja yang harus dipenuhi untuk mendukung penggunaan fitur-fitur pada aplikasi Instagram.

3. Koneksi Internet

Penyebab lainnya yang membuat filter Instagram tidak muncul-muncul adalah karena koneksi internet yang kamu pakai tidak stabil atau lelet.

Karena koneksi internet yang lelet memang membuat penggunaan aplikasi Instagram menjadi terganggu. Oleh karena itu, pilihlah provider internet yang kecepatannya stabil dan cepat di daerahmu. Atau bisa juga menggunakan aplikasi penguat sinyal seluler 4G atau WiFi.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Aplikasi Penguat Sinyal Seluler dan Wifi Terbaik 2021 Android

4. Cache penuh

Penggunaan aplikasi yang terus menerus membuat cache dari aplikasi tersebut menjadi penuh. Sebagaimana diketahui, Cache adalah data sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal ponsel.

Karena semua aplikasi pasti memiliki cache. Ketika kamu tidak rutin menghapus cache aplikasi pada sistem penyimpanan internal ponsel, memori ponsel yang kamu miliki akan penuh.

5. Ruang Penyimpanan Internal Tak Tersedia Lagi

Penyebab yang kemungkinan besar membuat penggunaan Instagram menjadi tidak menyenangkan ialah karena ruang penyimpanan internal yang sudah tak tersedia lagi atau telah habis.

Ketika ruang penyimpanan internal mulai penuh, biasanya smartphone akan membatasi aktivitas yang dilakukan pada aplikasi tertentu.

Baca Juga: 7 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram Tergampang

Cara Mengatasi Filter Instagram Loading Lama

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, langkah selanjutnya bebaspedia akan memberikan 7 cara mengatasi filter Instagram loading lama. Dengan begitu, kamu pasti akan bisa menggunakan filter-filter unyu yang kamu sukai.

Daripada berlama-lama, yuk simak penjelasan cara mengatasi filter Instagram loading lama atau loading terus di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Mengembalikan Kontak Hp yang Hilang atau Terhapus dalam Hitungan Detik

1. Update ke Versi Baru

Mengatasi Filter Instagram Loading Lama Update Instagram

Cara mengatasi filter Instagram loading lama yang pertama adalah kamu harus memastikan kalau aplikasi yang digunakan sudah versi terbaru. Kamu bisa mengatur ponsel agar menerapkan update otomatis.

Apalagi kalau ponsel yang kamu gunakan itu versi lawas, tentunya akan menghambat proses kerja pada aplikasi Instagram itu sendiri.

2. Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa cache yang penuh menjadi penyebab kenapa filter Instagram tidak mau muncul. Cache atau sampau yang tertumpuk pada smartphone akan membuat beberapa aplikasi tak bekerja dengan efektif, termasuk juga Instagram.

Untuk menghapus cache, kamu bisa pergi ke Settings –> App Manager –> Instagram –> Clear Cache.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan smartphone atau aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu di Play Store atau IOS Store.

3. Menghapus Data

Hapus Data

Selain menghapus cahce, cara lainnya untuk mengatasi filter Instagram loading lama adalah dengan menghapus data. Dengan kata lain, semua data aplikasi Instagram yang tersimpan akan terhapus.

ARTIKEL TERKAIT •
Facebook Buka Lowongan Kerja, Tugasnya Cuma Googling

Caranya melalui Settings –> App Manager –> Instagram –> Celar Data. Setelah data berhasil dihapus, kamu harus Login ulang untuk kembali menggunakan beberapa pengaturan yang telah kamu terapkan sebelumnya.

Baca Juga: Reels, Fitur Terbaru Instagram Yang Mirip TikTok

4. Install Ulang Aplikasi

Instal Ulang Aplikasi

Cara yang satu ini cukup ampuh untuk mengatasi filter Instagram loading lama. Kamu bisa menghapus aplikasinya, lalu menginstal kembali. Bisa melalui link berikut ini.

Download

Jangan ragu untuk menginstal ulang aplikasi Instagram milikmu, gak habis banyak kuota kok.

5. Melakukan Restart Ponsel

Restart Ponsel

Cara lainnya yang cukup efektif adalah melakukan restart pada ponselmu. Cara ini diyakini dapat mengatasi masalah lag atua crash ketika digunakan.

Cara restart Hp sudah tahu kan? Hanya tinggal menekan tombol power sampai muncul opsi untuk restart atau matikan. Disarankan lakukan cara ini, setelah kamu menerapkan cara sebelumnya, seperti setelah install ulang atau menghapus cache.

6. Tutup Paksa Instagram

Tutup Paksa

Cara sederhana lainnya untuk mengatasi filter IG yang loading terus adalah menutup paksa aplikasi atau yang juga dikenal dengan istilah Force Close.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi 17 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android

Dengan cara ini, semua aktivitas pada aplikasi akan dihentikan secara paksa. Kemudian kamu sudah bisa membuka aplikasi seperti biasanya.

Caranya melalui Settings –> App Manager –> Instagram –> Force Close.

7. Login Ulang

Login Ulang Instagram
Foto: digitalinformationworld.com

Cara alternatif terakhir jika filter Instagram masih saja belum muncul juga yaitu dengan Login ulang. Caranya adalah dengan logout dari akun Instagram kamu lalu login kembali dengan memasukkan username/email dan password kamu.

Di beberapa kasus, cara ini diyakini ampuh untuk mengatasi filter Instagram loading terus pada smartphone kamu.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air (100% Ampuh)


Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi filter Instagram loading lama atau tidak muncul-muncul. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan kita ingin mencarinya.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua dan menambah wawasan mengenai aplikasi Instagram.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.