menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comTeknopediaGadgets7 Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air (100% Ampuh)

7 Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air (100% Ampuh)

Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air
Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air

Sedang asyik-asyiknya dengering musik, eh tiba-tiba speaker HP terkena air. Tentunya kamu akan panik bukan? Apalagi itu adalah smartphone kesayanganmu. Nah, pada kesempatan kali ini bebaspedia akan memberikan cara-cara ampuh untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air. Dijamin 100 persen akan berfungsi lagi, lho.

Walaupun sebagian besar smartphone didesain sebagai HP anti air, namun masih banyak smartphone yang beredar di pasaran masih belum memiliki spesifikasi tersebut.

Kalau HP sampai terendam atau terkena air, maka komponen yang paling besar kemungkinan rusaknya sudah pasti speaker. Jika sudah kejadian, HP dengan stereo speaker terbaik pun suaranya pasti akan terganggu atau bahkan tidak menyala sama sekali.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Kontak Hp Yang Hilang Atau Terhapus Dalam Hitungan Detik

Cara Ampuh Memperbaiki Speaker HP yang terkena air

Padahal kita sudah sangat berhati-hati agar HP yang kita miliki itu tidak terkena air. Namun, ada kalanya secara tidak sengaja HP tetap terkena atau terendam oleh air.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Rekomendasi HP yang Cocok Buat Nge-Vlog

Tenang saja, jangan terlalu lama meratapinya. Berikut cara yang dapat kamu lakukan agar speaker ponselmu dapat berfungsi kembali.

1. Membersihkan lubang speaker

Membersihkan Speaker Hp
Membersihkan speaker HP | semutimut.com

Cara pertama untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air adalah dengan membersihkan lubang speakernya.

Suara kresek-kresek yang keluar setelah HP terkena atau terendam air bisa saja disebabkan oleh debu atau embun yang masih terdapat di dalamnya.

Sehingga cara mengatasinya adalah dengan membersihkan lubang speaker, bisa dengan jarum yang dilapisi tisu atau benda lainnya yang bisa masuk ke lubang speakernya.

2. Lakukan tes dengan Kode Test Speaker

Kode Test Speaker
Kode test speaker | teknologi.id

Cara selanjutnya adalah melakukan pengetesan dengan Kode Test Sepaker. Karena setiap merek HP memiliki kode rahasia yang berbeda-beda, termasuk kode test speaker yang bisa kamu praktekkan untuk memaksa speaker dapat berfungsi dengan baik.

Nantinya akan keluar kode berupa informasi hardware yang menandakan apakah speaker ponsel telah rusak atau masih bisa diselamatkan.

Nah, untuk cara mengetahui berapa kode test speaker ponsel milikmu, kamu bisa mencarinya di Google dengan mengetikkan “Kode rahasia Samsung atau merk lainnya“. Lalu kamu akan menemukan kode rahasia test speakernya.

ARTIKEL TERKAIT •
Gak Kalah Seru! 5 Game Android Mirip PUBG yang Bisa Dimainkan Offline

Baca Juga: Mudahnya Membuat Vlog Berkualitas Menggunakan HP, Begini Caranya

3. Mengeringkan dengan beras

Mengeringkan Dengan Beras
Mengeringkan dengan beras | grid.id

Siapa yang menyangka ternyata beras bisa digunakan untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air. Cara sederhana ini cukup ampuh untuk mengeringkan HP yang basah karena terkena air atau hujan.

Karena tiap butiran beras bersifat menyerap air, sehingga komponen-komponen HP yang lembab dapat diserap oleh beras.

Caranya pun sangat mudah, hanya letakkan ponselmu di atas tumpukan beras. Diamkan semalaman atau selama beberapa hari. Cring, speaker bisa berfungsi kembali.

4. Menggunakan hairdryer

Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air Dengan Menggunakan Hairdryer
Menggunakan hairdryer | jalantikus.com

Cara yang satu ini sangat cocok diaplikasikan untuk memperbaiki speaker HP khusus baterai tanam. Hal itu karena sifat udara dari pengering rambut yang panas, dapat menghilangkan embun-embun yang mengendap pada speaker tanpa harus melepas baterai.

Namun, untuk mendapat hasil yang lebih efektif dan maksimal, sebaiknya kamu melepas baterai dan casing HP terlebih dahulu sebelum mengeringkannya.

Atur suhunya dari yang paling rendah dan beri jeda, misalnya 20 detik mengeringkan, kemudian 10-15 detik waktu pendinginan.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Goresan di Layar Ponsel

Hal ini agar HP tidak mudah panas dan menjauhkan suhu yang terlalu tinggi yang malah bisa membuat komponen lainnya menjadi rusak.

Baca Juga: 4 Rekomendasi HP Yang Cocok Buat Nge-Vlog

5. Menggunakan kipas angin

Menggunakan Kipas Angin
Menggunakan kipas angin | leskompi.com

Kalau kamu tidak memiliki hairdryer di rumah, kamu bisa menggunakan alat yang lebih sederhana, yaitu kipas angin. Kipas angin menjadi alternatif untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air.

Caranya pun sangat gampang, tinggal arahkan kipas angin ke speaker HP mu, lalu tunggu selama 2 sampai 4 jam sembari angin dari kipas angin tadi mengeringkan Speaker HP mu.

6. Menjemurnya di bawah sinar matahari

Menjemur Di Bawah Sinar Matahari
Menjemur di bawah sinar matahari | mistertekno.com

Cara alternatif lainnya yang tak perlu menggunakan alat atau bahan seperti yang di atas adalah dengan memanfaatkan cahaya sinar matahari.

Caranya cukup letakkan HP mu di bawah paparan sinar matahari agar air yang menguap bisa menjadi kering. Sebelum itu, lepas dahulu casing HP setelah itu lakukan pengetesan.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Aplikasi Buat Pencinta Astronomi Untuk Mengamati Benda Langit

7. Melakukan servis

Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air Membawanya Ke Tempat Servis
Membawanya ke tempat servis | lintasjurnal.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika cara-cara di atas belum bisa berfungsi adalah membawanya ke tempat servis HP. Kemungkinan besar karena ada komponen pada speaker HP yang rusak dimana tidak bisa diperbaiki dengan sendiri saja.

Yang mengharuskan membawanya ke tempat servis. Jika smartphone milikmu masih dalam masa garansi, segera bawa sebelum masa garansi selesai.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penguat Sinyal Seluler Dan Wifi Terbaik 2021 Android


Penutup

Demikian lah penjelasan mengenai 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air atau terendam air. Jangan langsung panik, sampai harus membeli HP baru. Cobalah untuk memperbaiki sebelum memutuskan membeli baru.

Add comment