menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Wisatapedia 5 Perbedaan Utama Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis Pesawat Terbang

5 Perbedaan Utama Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis Pesawat Terbang

Kelas ekonomi pesawat terbang

Berikut adalah 5 perbedaan utama kelas ekonomi dan kelas binis Pesawat Terbang.

Seperti kita ketahui, pesawat terbang memiliki tingkatan kelasnya. Spesifiknya, kelas ekonomi / komersil, dan juga kelas bisnis / eksekutif. Perbedaan ini memang ada karena untuk tujuannya.

Spesifiknya, kelas bisnis biasanya digunakan bagi mereka-mereka yang memang sedang mengejar waktu banget (biasanya pebisnis). Sedangkan kelas ekonomi, biasanya digunkan untuk yang santai-santai saja atau yang pas-pas dananya.

Nah berdasarkan deskripsi perbedaan inti tersebut, maka ciri teknis antara kedua kelasnya pun juga berbeda banget satu sama lainnya.

Dan berikut, adalah 5 perbedaan utama kelas ekonomi dan kelas bisnis dari pesawat terbang yang dimaksud tersebut.

1. Harga Tiket

Tentunya perbedaan utama kelas ekonomi dan kelas bisnis pesawat terbang yang pertama, adalah harga tiketnya.

Harga tiket kelas bisnis biasanya 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal dari kelas bisnis. Sebagai contoh, harga tiket dari Jakarta ke Bandar Lampung dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia.

Kelas ekonomi tujuan tersebut per tanggal 25 Januari 2021, adalah Rp. 626.700 sedangkan kelas bisnis, Rp. 2.326.200. GILA kan bedanya?

ARTIKEL TERKAIT •
5 Masalah Yang Sering Dialami Oleh Kita Yang Bertubuh Tinggi

2. Kapasitas Bagasi

Mungkin banyak dari kita yang gak begitu menggubris aspek ini. Tapi faktanya aspek ini juga penting loh guys.

Karena aspek ini bisa membuat kita menentukan kapasitas berat bawaan yang bisa kita bawa. Jadi seperti yang telah ditentukan oleh Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional atau IATA, ada 3 standar jumlah kapasitas bagasi bagi masing-masing kelasnya.

Spesifiknya, kelas ekonomi hanya diperkenankan hingga 20 kilogram, kelas bisnis 30 kilogram, dan kelas utama (first class), 40 kilogram.

3. Proses Check-in

Gak dipungkiri proses check-in memang membuat emosi jiwa. Apalagi kalau antrean nya panjang banget.

Tapi biasanya hal tersebut terjadi di kelas ekonomi. Kalau kamu terbang dengan kelas bisnis, gak ada tuh antre berjam-jam. Kamu sebagai penumpang akan didahulukan banget deh.

4. Layanan Ruang Tunggu

Yang namanya menunggu pesawat tiba memang bisa membuat bosan banget. Oleh karenanya, ruang tunggu yang asyik dan nyaman, sangat dibutuhkan oleh kita-kita.

Tapi ya kalau mau seperti itu, kamu harus terbang dengan kelas bisnis. Ruang tunggu kelas bisnis benar-benar memiliki fasilitas yang maha enaknya. Toilet bersih, makanan dan minuman yang sangat lezat, dan akses internet gratis.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Pesawat Terbang Komersil Tidak Menyediakan Parasut?

Sedangkam kalau kelas ekonomi, ya seadanya aja. Akses internet pun berebutan satu sama lain.

5. Snack / Makanan di Dalam Pesawat

Nah ini dia nih perbedaan utama dari kelas bisnis dan kelas ekonomi pesawat terbang yang super obvious.

Pokoknya nih kalau kamu sampai sekarang, kalau terbang disuguhkannya makanan nasi dan minuman kotakan atau lemper, ya fix deh itu kelas ekonomi atau biasa-biasa aja.

Kelas bisnis WOW beda banget. Makanya harganya mahal juga. Pokoknya semua makanan dan minumannya seperti di restoran mahal atau hotel bintang lima. Lebih jauhnya, di kelas bisnis kita tinggal minta dan ambil-ambil saja guys. Enak banget gak tuh?

Nah itulah tadi 5 perbedaan utama kelas ekonomi dan kelas bisnis pesawat terbang. Semoga bermnafaat ya!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks