Mengenal Kota Saranjana: Lokasi dan Asal-usul Penamaannya!

Saranjana dikenal dengan sebutan Sarandjana, menjadi perbincangan setelah sebuah foto seorang wanita menjadi viral di media sosial.

6
0
Saranjana

Kota Saranjana terkenal sebagai kota yang misterius dan memiliki kemajuan yang luar biasa. Saranjana, yang juga terkenal dengan sebutan Sarandjana, menjadi perbincangan setelah sebuah foto seorang wanita menjadi viral di media sosial.

Saranjana sering kali disebut sebagai kota misterius yang terletak di pulau Kalimantan. Untuk memahami lebih lanjut tentang Saranjana, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pada mulanya, gambar yang menjadi viral menunjukkan seorang perempuan berdiri di atas teras pada malam hari dengan latar belakang pemandangan lampu dan gedung-gedung tinggi seperti di kota besar.

985341375 1

Namun, menurut pernyataan dari pemilik foto, tidak ada kota modern seperti itu di lokasi tersebut. Foto ini menjadi viral setelah akun Twitter @sosmedkeras ikut menyebarkannya.

Kota Saranjana merupakan sebuah kota yang memiliki kemajuan peradaban dan dianggap sebagai kota gaib di Indonesia. Banyak netizen yang sering membicarakannya di media sosial. Bahkan, beberapa Youtuber yang tertarik dengan hal-hal mistis juga turut membahasnya.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai Kota Saranjana di Indonesia, termasuk mitos-mitosnya, lokasinya, dan artis-artis yang pernah mengunjungi kota tersebut.

Kepercayaan yang Salah Mengenai Kota Saranjana

Beberapa mitos yang berkembang di kota Saranjana:

1. Proses pengiriman peralatan berat.

Pada tahun 1980-an, terjadi pengiriman alat berat yang mengejutkan pemerintah setempat. Alat-alat berat tersebut dikirim dari Jakarta.

Pada waktu itu, semua peralatan tersebut pasti dijual dengan harga yang tinggi. Ada kabar bahwa peralatan berat tersebut dipesan oleh seseorang yang tinggal di Kota Saranjana dan sudah dibayar sepenuhnya.

2. Warga yang tinggal di kota Saranjana.

Kota Saranjana memiliki penduduk yang banyak orang yakini sebagai entitas astral. Beberapa meyakini bahwa mereka adalah jin muslim, namun ada juga yang berpendapat bahwa mereka adalah manusia yang telah mencapai tingkat ghaib.

Banyak yang menganggap masyarakat di kota Saranja memiliki budaya yang maju. Terdapat bangunan-bangunan tinggi, jalan-jalan yang luas, dan rumah-rumah penduduk yang memiliki pagar yang tinggi. Wajah penduduknya juga indah dan tampan.

3. Dimensi buah yang sangat besar.

Banyak cerita yang beredar mengatakan bahwa di kota Saranjana, buah-buahannya memiliki ukuran yang sangat besar dan bahkan terlihat raksasa. Namun, jika kita membawa buah-buahan tersebut, ukurannya akan berubah menjadi ukuran yang biasa saja.

Letak Kota Saranjana

Banyak orang mempercayai bahwa Kota Saranjana terletak di Kalimantan Selatan, khususnya di Pulau Halimun. Pulau ini juga terkenal sebagai Pulau Laut, yang merupakan ibu kota Kabupaten Kotabaru.

Katanya, ada sebuah kota bernama Saranjana yang pernah tercatat dalam peta oleh Salomon Muller. Di peta itu, terdapat sebuah wilayah yang bernama Tandjong (hoek) Sarandjana. Namun, secara resmi, kota tersebut tidak ada dalam wilayah administrasi Kabupaten Kotabaru.

Seniman yang Pernah Mengunjungi Kota Saranjana

Terdapat beberapa artis asal Indonesia yang mengalami pengalaman unik saat tampil di Kalimantan. Berikut adalah dua artis yang mengaku pernah ke kota Saranjana.

1. Tantri Kotak

Dia mengalami situasi yang aneh ketika menjadi penyanyi di salah satu acara musik. Saat konser berlangsung, banyak penonton yang datang dan stadion penuh sesak.

Setelah ia turun dan kembali ke mobilnya, ia melihat bahwa orang-orang juga mulai meninggalkan stadion, namun yang aneh adalah bahwa di luar stadion terlihat sangat sepi. Sepertinya orang-orang tidak ingin meninggalkan stadion.

2. Ari Lasso

Dia menceritakan pengalaman anehnya kepada Youtuber Raditya Dika. Dia diberitahu bahwa ada ribuan penonton yang menonton acaranya.

Saat pelaksanaan konser, dia juga menyaksikan tingkah laku aneh dari penontonnya yang sulit untuk dijelaskan dengan tepat seperti apa keanehannya. Pada satu kesempatan, dia merasa penonton bersemangat berjoget pada sebuah lagu yang seharusnya tidak begitu.

Ari Lasso merasa kesulitan mengingat nama kota di mana ia mengadakan konser, tetapi ia teringat sedikit bahwa nama kota itu adalah Kota Saranjana. Saat itu, Ari Lasso dan timnya juga menghormati kepercayaan penduduk setempat dengan tidak mandi.

Namun, ada seorang anggota kru yang keras kepala. Dia mandi dan mengalami patah tulang di tangan. Setelah selesai bernyanyi, Ari Lasso merasa bingung saat melihat penonton, karena jumlah mereka tidak sama seperti saat dia masih bernyanyi.

Proses Pemberian Nama pada Kota Saranjana

Pemilihan nama Saranjana untuk kota ini berdasarkan pada cerita legenda setempat. Ada Gunung Saranjana yang diyakini sebagai wujud dari tokoh Sambu Ranjana dalam kisah Legenda Kerajaan Pulau Halimun. Cerita legenda tersebut mengisahkan Raja Pakurindang yang memiliki dua putra, yaitu Sambu Batung dan Sambu Ranjana.

Pada suatu hari, Raja Pakurincang mengizinkan Sambu Batung dan Putri Perak untuk hidup bersama di bagian utara pulau dan melanjutkan rencana mereka untuk berinteraksi dengan dunia nyata. Sementara itu, saudaranya, Sambu Ranjana, diarahkan untuk tinggal di bagian selatan dan melanjutkan hidupnya dengan tetap menjaga jarak dari dunia luar.

Dengan syarat harus selalu hidup harmonis meskipun berada di lingkungan yang berbeda, untuk saling membantu dan saling mengingatkan. Nama Sambu Ranjana akhirnya menjadi inspirasi untuk nama Kota Saranjana oleh penduduk sekitar.

Namun, masih belum diketahui dengan pasti mengenai asal usul dan keberadaan Kota ini. Tidak ada bukti ilmiah yang dapat membenarkan keberadaannya.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan