Ditemukan Utuh Dalam Batu Amber, Serangga Penyedot Darah Dinosaurus Ditemukan

in , ,
Credit Picture: Science News

Ilmuwan menemukan serangga yang diduga berasal dari zaman Cretaceous 100 juta tahun lalu. Serangga tersebut ditemukan masih utuh tertangkap kristall getah amber di salah satu tambang amber kawasan Provinsi Kachin, Myanmar.

Peneliti mengatakan bahwa spesimen dengan nama ilmiah Mesophthirus engeli itu adalah serangga yang suka mengisap darah para dinosaurus layaknya nyamuk yang suka mengisap daaraah kita.

Bukti tertua sebagai karakter binatang parasit

0d1fa4aa1ea5f8d895665fb539ba9538
Gambar zoom serangga yang terperangkap amber | mediaindonesia

Pada Jurnal Nature Communications, peneliti mengatakan bahwa spesimen tersebut merupakan bukti tertua yang menunjukan karakter binatang parasit di era dinosaurus.

“Kami sangat gembira karena masih bisa menemukan spesimen serangga yang masih utuh dalam batu amber,” kata Chung Kun Shih, salah satu anggota peneliti dari Smithsonian National Museum of Natural History seperti dilansir vice.com.

Chung Kun juga mengatakan bahwa temuan tersebut akan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui perjalanan evolusi serangga parasit dan kulit dinosaurus. Meskipun indikasi keberadaaannya cukup besar, serangga semacam itu sangat sulit untuk ditemukan, jarang ada serangga dari era 100 juta tahun lalu yang menjadi fosil, penyebabnya ialah karena tubuhnya rapuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Objek Wisata Seram Yang Cocok Digunakan Untuk Uji Nyali

Terperangkap dalam daun yang tergulung getah pohon

Photo 01
Ilustrasi wujudnya dalam reka ulang 3D | smithsonianmag

Serangga tersebut terperangkap dalam daun yang tergulung getah pohon, hal ini membuatnya utuh dalam batu amber. Batu amber yang pernah muncul dalam film fiksi ilmiah Jurasic Park, dinilai merupakan medium terbaik untuk mendapatkan spesimen era purba.

Berdasarkan morfologi mulutnya, serangga tersebut kemungkinan bisa menembus jenis kulit dari keluarga dinosaurus Coelurosauria. Tyrannosaurus rex, atau dinosaurus dari keluarga Pennaraptora merupakan salah satu jenis keluarga dinosaurus Coelurosauria. Pennaraptora memiliki wujud yang mendekati burung di masa sekarang.

Serangga ini bisa memberikan gambaran tentang kondisi hidup dinosaurus di masa lalu. Apakah dinosaurus juga terkena wabah penyakit yang disebabkan parasit hingga menyebabkannya mati.

Berikan Nilai Untuk Konten ini