5 Hewan Purba yang Diadaptasi Menjadi Karakter di Film Ice Age

in ,
Credit Image: Hip Wallpaper

Kalian pasti sudah mengenal film animasi Ice Age, film yang menceritakan tentang kehidupan di zaman es tersebut dirilis pertama kali tahun 2002. Film ini memiliki 4 sekuel, pada film tersebut kita bisa melihat zaman di mana lapisan es abadi menutupi hampir seluruh permukaan Bumi.

Selain itu, kita juga dikenalkan oleh hewan-hewan purba zaman es pada film itu. Ternyata berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan oleh para ilmuwan, hewan-hewan itu memang pernah ada dan eksis di Bumi.

Berikut 5 Hewan purba yang Diadaptasi Menjadi Karakter di Film Ice Age!

1. Mammoth berbulu wol

Prehistoric Mammals Woolly Mammoths By Balcsika D78cv9a
Source Image

Mammoth pertama kali hidup pada 5 juta tahun yang lalu di Afrika. Lalu mereka berangsur berevolusi menjadi Mammoth berbulu wol, Mammoth jenis ini hidup 250 ribu tahun yang lalu.

Ukuran Mammoth berbulu wol tidak jauh berbeda dengan gajah Afrika. Rata-rata tinggi mereka sekitar 3,5 meter dan memiliki berat 8 ton. Mereka memiliki gading melengkung yang lebih besar dibandingkan gading gajah modern. Tubuh mereka juga dilapisi bulu tebal yang membantu mereka bertahan pada suhu yang dingin.

ARTIKEL TERKAIT •
Perjanjian Linggarjati

2. Smilodon

Bfeee05758b5e3b935f83eff39fa908f
Source Image

Pasti kalian tahu tokoh Diego dalam film Ice Age, nah karakter Diego diaptasi dari hewan purba bernama Smilodon. Hewan ini masih berkerabat dengan harimau modern, mereka hidup di era pleistosen, yaitu 42 juta tahun yang lalu hingga 11 ribu tahun yang lalu.

Ciri khas mereka yang paling menonjol ialah taringnya yang seperti pedang. Ukurannya bisa mencapai 30 cm. Namun taring tersebut tidak bisa tumbuh kembali jika patah. Banyak fosil smilodon yang ditemukan dengan kondisi taring pedangnya yang patah, sehingga mendapat julukan “macan ompong”.

3. Megatherium

Giant Sloths 800x445 1
Source Image

Jika kalian mengetahui karakter Sid pada film Ice Age, pasti kalian bingung, sebenarnya hewan apa Sid ini?

Bentuknya seperti kukang namun ia tidak hidup di pohon, Sid adalah hewan megatherium. Hewan ini salah satu jenis kukang raksasa yang hidup di darat. Mereka eksis di wilayah Amerika sekitar 5 juta tahun yang lalu hingga 10 ribu tahun yang lalu.

Bobotnya mencapai 3 ton dengan panjang tubuh sekitar 6 meter. Mereka tidak bisa memanjat pohon karena ukurannya yang besar, namun menurut ilmuwan, hewan ini bisa berdiri dengan dua kaki untuk menggapai pohon.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa Serigala Tidak Dijinakkan? Padahal Merupakan Nenek Moyang Anjing

4. Cronopio dentiacutus

Photo 1320346981780 1 0
Source Image

Ada tokoh figuran dalam film Ice Age namun ia menjadi tokoh yang ikonik. Yup, hewan yang menyerupai tupai tersebut bernama Scrat. Ia dikenal suka membuat kekacauan hanya karena kenari yang ia cari.

Scrat adalah hewan tupai purba dengan nama ilmiah Cronopio dentiacutus. Sebenarnya hewan ini sama dengan hewan-hewan pengerat modern lainnya, namun Cronopio memiliki taring yang menjadi ciri khas dan perbedaannya dengan tupai modern. Taring ini bisa mencapai seperlima dari panjang kepalanya.

Ukuran tubuh hewan ini pun hanya sekitar 10-15 cm, relatif sama dengan hewan-hewan pengerat modern lainnya.

5. Gigantopithecus

Gigantophitecus
Source Image

Dalam film Ice Age: Continental Drift, terdapat karakter bajak laut bernama Captain Gutt. Captain Gutt merupakan seekor primata purba yang berukuran besar.

Hewan ini bernama giganthopicus, mereka merupakan primata terbesar yang pernah ditemukan. Tinggi mencapai 3 meter dengan berat sekitar 270 kg. Mereka eksis di Bumi sekitar 1 juta tahun yang lalu hingga 11 ribu tahun yang lalu.

Tidak seperti pada film, mereka tidak hidup di es, namun di hutan di daerah Asia. Mereka merupakan nenek moyang orang utan masa kini. Eksistensi mereka punah akibat hutan yang semakin menyusut dan suhu dingin pada zaman es.

ARTIKEL TERKAIT •
Asal Usul Bakso, Ternyata Dari Tiongkok

Berikan Nilai Untuk Konten ini