menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Flora dan Fauna Ini Alasan Kucing Suka Bermain dan Berkelahi Dengan Kucing Lain

Ini Alasan Kucing Suka Bermain dan Berkelahi Dengan Kucing Lain

Ini Alasan Kucing Suka Bermain Dan Berkelahi Dengan Kucing Lain
Ini Alasan Kucing Suka Bermain Dan Berkelahi Dengan Kucing Lain

Pastinya kita pernah kucing suka bermain dan berkelahi dengan kucing lainnya. Apalagi bagi kamu yang memelihara banyak kucing di rumah, pastinya sering melihat kucing suka bermain dan berkelahi dengan kucing lainnya.

Biasanya tujuan kucing berkelahi dengan kucing lainnya adalah untuk melindungi wilayah yang telah ia kuasai dan mendapatkan wilayah kekuasaan yang baru. Hal ini mereka lakukan karena mereka tergolong hewan teritorial.

Akan tetapi, tidak semua kucing yang berkelahi hanya karena untuk mengalahkan kucing lainnya. Namun mereka berkelahi pura-pura saja atau lebih dikenal dengan istilah main kelahi-kelahian.

Kucing Bermain Perkelahian
Foto: Fimela.com

Kalau kamu memiliki lebih dari satu kucing di rumah, apalagi kalau mereka saudara sekandung, di beberapa kesempatan mereka akan bermain perkelahian, sambil berlari-lari hingga membuat barang-barang di sekitar rumah berantakan atau hancur.

Jadi, mengapa sih kucing melakukan hal demikian? Apakah itu memang kebutuhan mereka? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kucing Suka Nunjukin Pantatnya

Alasan Kucing Suka Bermain Berkelahi

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (01/02/2021), kucing suka bermain berkelahi ketika hidup berkelompok atau bersama dan kadangkala bermain dengan majikannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Mengobati Kucing Kamu Yang Keracunan

Hal ini wajar bagi kucing dan merupakan prilaku alami yang menyehatkan. Sehingga para pemilik jangan menganggu permainan mereka, asalkan tidak terlalu agresif.

Berikut beberapa alasan kucing suka bermain perkelahian dengan kucing lainnya yang harus kamu ketahui sebagai pemiliknya.

1. Kebutuhan naluri

Kebutuhan Naluri
Foto: Kompas.com

Tak sedikit kucing yang suka melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan naluri mereka. Karena kucing merupakan tipe hewan pemburu di alam liar. Sehingga mereka harus terus mengasah kemampuan insting dan naluri mereka untuk menghadapi serangan kucing lainnya yang bisa datang tanpa mereka sadari.

Biasanya kucing rumahan akan lebih aktif mengalami dorongan alami ini, karena mereka mungkin sadar perlu mengasah terus keterampilan mereka dengan cara bermain perkelahian dengan kucing lainnya atau pemiliknya.

Sedangkan kucing lainnya akan sadar dan mengerti dengan maksud tujuan dari rekannya dan secara sukarela akan membantu mengasah keterampilannya.

2. Mempertahankan wilayah

Mempertahankan Wilayah
Foto: Bobo Grid

Bukan hanya untuk mengasah keterampilan mereka, kucing suka bermain perkelahian dilakukan untuk mempertahankan wilayah mereka, meskipun itu di dalam rumah.

ARTIKEL TERKAIT •
Bagian Tubuh Kucing Yang Tidak Boleh Disentuh, Bisa Membuatnya Marah dan Ngambek

Setiap apa yang mereka lihat dan jika mereka menyukainya, maka mereka akan menjadikan tempat atau hal lainnya tersebut sebagai milik mereka. Sehingga jika ada kucing lainnya yang menganggu, maka mereka akan turun tangan untuk mempertahankannya.

Ketika mengajak kucing lain berkelahi, tujuannya bukan untuk menyakiti. Namun untuk memberitahunya kalau itu bukan ‘tempatnya’ dan menyuruhnya untuk menjauh dari tempat tersebut.

Baca Juga: Dua Tanda Kucing Menyampaikan Rasa Cinta Kepada Pemiliknya

3. Menghilangkan rasa bosan

Menghilangkan Rasa Bosan
FOto: Sayaajarkan.com

Kucing suka bermain perkelahian dengan kucing lainnya bisa karena untuk mengusir rasa bosan mereka. Ketika perhatian mereka tidak terisi, maka merek bisa mengisinya dengan mengajak kucing lain bermain.

Biasanya alasan ini sering terjadi pada anak kucing yang mempunyai banyak energi dan hasrat untuk bergerak yang lebih banyak.

Anak kucing biasanya suka bermain perkelahian dengan induknya atau kucing yang lebih tua. Meskipun bagi kucing tua merupakan sesuatu yang membosankan, namun mereka tetap meladeni keinginan anak kucing tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab Kucing Dijuluki Pemilik 9 Nyawa

4. Kucing suka bermain untuk membakar energi

Kucing Suka Bermain Berkelahi Untuk Membakar Lemak
Foto: Elevania.co.id

Karena terlalu sering di rumah, kucing rumahan akan memiliki energi berlebih. Dan energi tersebut harus mereka bakar atau buang, dengan cara bermain beranteman dengan kucing lainnya.

Selain dengan cara itu, mereka akan melakukan aktivitas yang menuntuk fisik mereka untuk bergerak. Seperti berlari, bermain dengan mainan atau barang di sekitar rumah.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Makan Rumput? Inilah Penjelasannya

Nah, itulah alasan kucing suka bermain perkelahian dengan kucing lainnya. Memang ada waktu yang pas untuk memisahkan mereka. Misalnya saat mereka sudah terlalu agresif sudah masuk dalam kategori berlebihan.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks