Mengapa Anak Kucing Tidak Membuka Matanya Saat baru Lahir?

in
Mengapa Mata Anak Kucing Tidak Terbuka
Mengapa Mata Anak Kucing Tidak Terbuka

Kamu pasti sedang merawat hewan yang satu ini di rumah, bukan? Kucing memang merupakan hewan yang sangat lucu dan menggemaskan.

Kucing adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Bisa dilihat pada kucing perempuan milikmu, pasti pernah melihat perutnya hamil sampai dia melahirkan.

Dan dari sanalah, awal kamu melihat anak-anak kucing lucu yang baru lahir dengan tingkah yang menggemaskan. Tetapi kok mata nya tertutup ya, bahkan sampai berhari-hari dia tidak membuka matanya? Apa dia buta sejak lahir?

Wah, jangan berasumsi yang macam-macam ya temen-temen. Anak kucing yang baru lahir memang wajar tidak membuka matanya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa mata anak kucing tertutup?

Mengapa Mata Anak Kucing Tertutup
Mengapa Mata Anak Kucing Tertutup | via https://surgaduniasatwa.blogspot.com/

Alasan anak kucing terlahir dengan kondisi mata tertutup karena agar mata anak kucing dapat bisa berkembang dengan baik. Mirip seperti kucing yang telah dewasa, mata anak kucing yang baru lahir sangat sensitif dengan cahaya. Sampai akhirnya mata mereka siap dibuka dan menerima cahaya yang mereka lihat.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Kucing Suka Makan Rumput? Inilah Penjelasannya

Bagian Tubuh Kucing Yang Tidak Boleh Disentuh, Bisa Membuatnya Marah Dan Ngambek

Sampai kapan anak kucing baru membuka matanya? Biasanya anak kucing akan dapat membuka matanya ketika umurnya telah menginjak 7 sampai 10 hari. Akan tetapi, mereka tidak akan membuka matanya secara penuh, maka dari itu kita hanya bisa mereka melihat sedikit matanya.

Ketika telah terbiasa dengan cahaya atau kegelapan, barulah anak kucing akan membuka matanya lebar-lebar namun secara bertahap juga. Oleh karena itu, kita jangan bingung dan berusaha membuka matanya secara paksa. Itu adalah hal yang normal terjadi.

Selain belum terbiasa dengan cahaya, mata anak kucing yang baru lahir juga sangat rentan terhadap infeksi mata. Ketika usianya dua minggu lebih, anak kucing akan membuka matanya dan mulai sudah biasa dengan lingkungan sekitarnya.

Bagaimana cara anak kucing berkomunikasi saat matanya belum terbuka?

Bagaimana Cara Anak Kucing Berkomunikasi
Bagaimana Cara Anak Kucing Berkomunikasi | via https://bobo.grid.id

Anak kucing yang baru lahir hanya mengenal dua indera, yaitu indera bau dan sentuhan. Oleh karena itu, jika kita ingin memindahkannya, lakukan dengan lembut layaknya induk kucing lakukan pada anaknya.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Kucing dan Anjing Jadi Hewan Peliharaan Yang Sering Digemari?

6 Kucing Termahal Di Dunia, Harganya Bikin Melongo!

Cara agar anak kucing menngetahui bahwa kita adalah pengasuhnya adalah dengan memberinya makan. Wajar sebelum membuka matanya, anak kucing sulit berkomunikasi.

Akan tetapi naluri sang induk pasti kuat, dia mengerti apa yang diinginkan oleh anak-anaknya.

Warna mata anak kucing akan berubah

Warna Mata Anak Kucing Akan Berubah
Warna Mata Anak Kucing Akan Berubah | via https://lifestyle.kompas.com/

Seperti yang dijelaskan di atas, anak kucing yang baru lahir tidak akan bisa melihat daerah sekitarnya. Selain itu, dia juga tidak bisa mendengar, tidak bisa mencari makan sendiri, dan tidak bisa mengatur suhu tubuhnya.

Penyebab Kucing Dijuluki Pemilik 9 Nyawa

Sebuah fakta mengungkapkan bahwa anak kucing yang baru lahir dikaruniai dengan mata berwarna biru. Seiring bertambahnya umur kucing, mata kucing akan mulai mengalami perubahan warna. Setidaknya itu terjadi mulai minggu ke enam sampai mereka dewasa.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.