7 Fakta Menarik Bunga Matahari yang Selalu Menghadap Matahari

Bunga matahari memiliki warna kuning yang cerah, berukuran besar. Bentuknya menyerupai matahari. Berikut 7 fakta menarik yang kami sajikan.

7
0

Bunga matahari memiliki 7 fakta unik yang menarik, seperti selalu menghadap matahari dan memiliki banyak variasi warna.

Pasti teman-teman sudah mengenal dengan baik bunga matahari. Bunga ini memiliki warna kuning yang cerah dan ukurannya besar. Bentuknya menyerupai matahari dengan kelopak yang mengingatkan pada cahayanya. Namun, tidak hanya karena bentuknya yang menyerupai matahari, bunga ini juga diberi nama bunga matahari.

Bunga ini juga tertarik pada sinar matahari, sehingga selalu menghadap ke arahnya. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa hal istimewa yang dimiliki oleh bunga ini. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan bunga tersebut.

1. Asalnya dari Amerika

Ternyata, bunga matahari yang cantik ini berasal dari benua Amerika Utara. Sudah lebih dari 5.000 tahun yang lalu bunga ini pertama kali tumbuh di sana.

Pada zaman kuno sekitar 3000 tahun sebelum Masehi, masyarakat di Amerika sangat menyukai menanam bunga matahari yang ternyata memiliki manfaat sebagai obat. Selain itu, bunga ini juga digunakan sebagai sumber makanan dan diekstraksi menjadi minyak.

Pada sekitar tahun 1500, bunga ini kemudian tersebar ke berbagai belahan dunia setelah kedatangan penjajah Spanyol.

Pada abad ke-19, Rusia secara rutin menanam dua juta hektar pohon dengan tujuan menghadirkan keindahan dan manfaat bagi masyarakat.

2. Selalu Mengikuti Gerak Matahari

Bunga Matahari

Salah satu hal yang unik tentang bunga matahari adalah bagaimana ia bergerak saat tumbuh. Bunga matahari cenderung menghadap atau mengikuti gerakan matahari. Oleh karena itu, orang Prancis menyebutnya sebagai tournesol yang artinya berputar dengan matahari.

Ketika pagi tiba, kuncup bunga dan bunga muda akan menghadap ke arah timur dan terus mengikuti pergerakan matahari. Dan ketika senja tiba, bunga matahari yang sedang mekar akan membelokkan wajahnya ke arah barat.

3. Simbol Nasional Ukraina

Meskipun asalnya dari Amerika Utara, bunga matahari sekarang menjadi bunga nasional Ukraina. Penduduk Ukraina menganggap penting bunga ini karena melambangkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi negara mereka. Selain itu, bunga matahari juga menjadi simbol perdamaian.

4. Bisa Tumbuh hingga Ketinggian 9,17m

Bunga matahari memiliki kemampuan untuk tumbuh tinggi dengan kelopak yang besar. Bahkan di Kaarst, Nordrhein Westfalen, Jerman, terdapat bunga matahari yang mencapai tinggi 9,17 meter. Bunga ini berhasil memecahkan rekor dunia Guinness sebagai bunga matahari tertinggi.

5. Mengandung Ribuan Bunga Kecil

Bunga matahari yang sedang mekar sering dikenal dengan sebutan kepala. Jika kita melihat bunga matahari yang mekar, sebenarnya tidak hanya ada satu bunga saja.

Satu kepala bunga matahari dapat mengandung sekitar 1000 hingga 2000 bunga kecil yang membuatnya tampak mekar dan besar. Bagian luar bunga matahari disebut dengan kelopak ray florest, sementara bagian tengah yang mekar disebut dengan kuntum cakram. Bunga-bunga kecil ini tersusun secara spiral dan saling terhubung satu sama lain.

6. Simbolisasi Bunga Matahari

Nickype E83204197a2f14c84c5ccec9d5906fbd

Bunga matahari yang tumbuh dengan ukuran kecil memiliki makna sebagai bentuk penghormatan, sementara bunga matahari yang tinggi melambangkan kesombongan. Namun, bunga ini juga dapat dijadikan hadiah yang melambangkan kebahagiaan, persahabatan, kegembiraan, dan kesetiaan. Di budaya Tionghoa, penduduknya menganggap bunga matahari sebagai simbol keberuntungan.

7. Memiliki Berbagai Macam Warna

Banyak dari teman-teman berpikir bahwa bunga matahari selalu berwarna kuning. Namun, sebenarnya bunga ini memiliki banyak variasi warna, meskipun kuning masih menjadi ciri khasnya. Ada bunga matahari yang berwarna putih, emas, oranye, cokelat, dan bahkan merah delima.

Ini adalah beberapa informasi menarik tentang bunga matahari yang mungkin belum banyak diketahui oleh teman-teman.

Tinggalkan Balasan