5 Makhluk Penghuni Kedalaman Palung Mariana

in
Makhluk Palung Mariana
Credit Image: sciencefocus.com

Terdapat sebuah palung yang merupakan bagian terdalam lautan. Palung ini bernama Mariana, memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 10.911 meter di bawah permukaan laut.

Kira-kira makhluk apa saja yang menghuni palung tersebut? Berikut Makhluk-Makhluk Penghuni Kedalaman Palung Mariana!

1. Fanfin Sea Devil

Fanfin Sea
Source Image

Dilihat dari namanya saja, makhluk ini tak ada menarik-menariknya, justru terkesan seram. Ikan ini memiliki nama ilmiah Caulophryne Jordani, merupakan salah satu jenis ikan Anglerfish yang memiliki bentuk yang sangat aneh.

Karena efek bioluminiscent, ikan ini memiliki ujung kepala yang bisa menyala. Mereka hidup di laut terdalam Palung Mariana. Ikan ini memiliki ukuran 20 cm untuk betina dan 25 cm untuk jantan.

2. Dumbo Octupus

Dumbo Octopus
Source Image

Gurita yang mendiami palung mariana ini terbilang unik. Disebut Dumbo Octopus karena memiliki kemiripan dengan gajah Dumbo yang dibuat oleh Walt Disney. Letak kemiripannya ada di bagian telinga. Gurita Dumbo memiliki telinga besar seperti gajah Dumbo.

Ukuran gurita ini berkisar mencpaai 30 cm, mereka hidup di kedalaman laut 2.987 sampai 3.962 meter.

3. Dragon Fish

Dragonfish
Source Image

Berbeda dengan Dumbo Octopus yang masih memiliki kesan imut meskipun tinggal di lautan dalam, Dragonfish tak memiliki hal itu sama sekali. Ikan ini hidup di kedalaman 213 hingga 1.828 meter di bawah permukaan laut.

Meskipun disebut ikan, Dragonfish tak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya. Tubuhnya licin seperti belut. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 15 cm. Seperti ikan yang tinggal di kedalaman laut lainnya, Dragonfish juga memiliki bioluminescen, yang membuat ia bercahaya ketika dalam gelap.

4. Goblin Shark

Goblin Shark
Source Image

Hiu ini memiliki bentuk wajah yang mengerikan, bahkan kita gak akan mau bertemu dengannya dalam mimpi sekalipun. Hiu ini hidup di kedalaman sekitar 914 meter di bawah permukaan laut.

Hiu ini dikatakan mengerikan karena memiliki bentuk kepala yang menonjol ke depan, lalu di bawahnya terdapat rahang sang hiu. Hiu ini memiliki panjang antara 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki) ketika dewasa, meskipun dapat tumbuh jauh lebih besar.

Hiu ini juga disebut sebagai fosil hidup, karena merupakan satu-satunya wakil yang masih ada dalam keluarga Mitsukurinidae, yaitu sebuah garis keturunan tua yang berusia 125 juta tahun.

5. Fangtooth Fish

Fangtooth
Source Image

Dengan taringnya yang panjang, ikan ini bisa tumbuh hingga 15 cm. Seperti ikan laut dalam lainnya, Fangtooth fish memiliki bentuk yang mengerikan. Bahkan ia masih memiliki kerabat dari genus yang sama, dengan bentuk yang sama mengerikannya tentu saja.

Agar kedua taringnya tidak tembus di kepalanya, ia memiliki rongga di kepalanya untuk menyimpan kedua taringnya tersebut. Ikan ini biasanya ditemukan di kedalaman 200 hingga 2000 meter di bawah permukaan laut.