Anggur Muscat: Buah Kaya Nutrisi dan Manfaat Kesehatan

6
0

Kini banyak orang menyukai anggur muscat, terutama sebagai topping kue. Apakah Anda sudah mengenal jenis anggur yang sedang populer ini?

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemar buah anggur dengan anggur yang satu ini. Buah ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan berbeda dengan jenis anggur lainnya.

DIkenal juga dengan jenis anggur yang dianggap sebagai varietas tertua di dunia. Sejarah manusia dalam membudidayanya telah tercatat sejak zaman Yunani bahkan mungkin sejak zaman yang lebih awal.

Menurut informasi dari Shukran Oman, anggur ini termasuk dalam keluarga Vitaceae dan terdiri dari lebih dari 60 jenis anggur. Para ahli mengenalnya karena memiliki rasa dan aroma yang khas, seperti bunga, musk, dan manis.

Anggur ini sangat tepat digunakan untuk membuat wine dengan karakteristik rasa yang khas. Asal usulnya diyakini dari Timur Tengah, namun saat ini telah tersebar di berbagai negara seperti Eropa, Australia, dan Amerika Serikat.

Aroma anggur ini memiliki nuansa bunga musk yang diibaratkan seperti harumnya melati, bunga jeruk, dan kelopak mawar. Selain itu, rasanya pun memiliki ciri khas manis yang seimbang dengan sedikit rasa asam. Selain itu, buah anggurnya memiliki tekstur yang lembut dan berair dengan kulit yang mudah dikupas.

Manfaat dari Buah Anggur Muscat

Sama seperti jenis anggur lainnya, anggur ini memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat anggur muscat bagi kesehatan:

1. Kaya Antioksidan

Ilustrasi anggur muscat kaya antioksidan (realfood.co.id)

Anggur yang satu ini mengandung banyak antioksidan seperti resveratrol, yang berguna dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung (herminahospitals.com)

Anggur Muscat memiliki kandungan flavonoid yang bersifat baik bagi kesehatan jantung. Senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Memperbaiki Pencernaan

Ilustrasi pencernaan (Shutterstock/Life Science)

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat anggur Muscat juga baik untuk memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit karena mengandung serat yang baik.

4. Membantu Mencegah Kanker

Manffat anggur Muscat yang keempat ialah memiliki senyawa antosianin dan asam ellagic yang dapat membantu mencegah kanker. Senyawa-senyawa ini telah terbukti memiliki sifat anti kanker.

Anda dapat menikmatinya dengan cara langsung atau sebagai bahan makanan untuk dessert seperti tart, pie, dan sorbet.

Tinggalkan Balasan