Flora dan Fauna

Benarkah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Layaknya Manusia?

Jamur adalah salah satu tanaman yang sering kita temukan saat sedang berpergian ke hutan. Jamur pun memiliki ragam jenis yang berbeda-beda. Ada jamur yang memiliki racun di dalamnya, ada pula jamur yang bisa diolah sebagai makanan.

Jamur bisa muncul di mana saja. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada kemungkinan bahwa Jamur tersebut bisa berbicara satu sama lain layaknya manusia? Benar. Pada tulisan kali ini, Bebaspedia bakal membahas terkait hal ini.

Penasaran? Mari simak di bawah ini.


Benarkah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Layaknya Manusia?

Benarkah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Layaknya Manusia
Benarkah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Layaknya Manusia

Melansir dari Science Alert, menurut sebuah studi baru, ada kemungkinan bahwa jamur bisa berbicara satu sama lain dalam waktu kurang dari 50 kata. Ilmuwan komputer dari University of the West of England bernama Andrew Adamatzky meneliti hal tersebut.

Ia menganalisis aktivitas listrik dari empat spesies jamur dan temuannya dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science. Dalam penelitian ini, sang ilmuwan menemukan bahwa lonjakan aktivitas listrik digunakan oleh jamur untuk mengirimkan informasi ke orang lain di jaringan yang sama.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan di Australia

Diketahui bahwa setiap jamur memiliki struktur seperti akar bawah tanah yang sangat mirip dengan sel saraf yang ditemukan dalam sistem saraf manusia. Struktur bernama Hifa ini akan membentuk jaringan yang disebut miselium yang memfasilitasi komunikasi antar jamur.

Nah, lonjakan listrik yang dibuat oleh jamur dan jamur lainnya ini disebut-sebut menyerupai bahasa yang dapat dikelompokkan menjadi kalimat atau pun kata. Penelitian ini menambahkan bahwa jamur bisa memiliki kosakata sampai 50 kata.


Nah, Itulah Penelitian Tentang Apakah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Layaknya Manusia. Namun, perlu kami ingatkan bahwa tidak semua jamur berbicara bahasa yang sama. Setiap spesies akan memiliki bahasa yang berbeda-beda.

Related Posts