HewanpediaKucing

Teryata Inilah 6 Alasan Mengapa Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Sebagai seseorang yang memelihara kucing, pastinya pernah melihat induk kucing memindahkan anaknya ke tempat lain. Padahal kita sudah menyediakan tempat terbaik dengan harapan baik induk dan anak-anaknya merasa nyaman. Namun, ternyata induknya malah lebih memilih tempat lain sebagai tempatnya menjaga anaknya.

Bagi sebagian orang mungkin merasa kesal dengan tingkah induk kucing yang suka memindahkan anaknya tersebut. Biasanya induk kucing akan membawa anaknya ke tempat-tempat sepi dan gelap seperti dalam lemari, bawah tempat tidur, dan sebagainya.

Lantas, apa sih yang menjadi alasan mengapa induk kucing suka memindahkan anaknya tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut telah Bebaspedia rangkum informasinya dari berbagai sumber.

6 Alasan Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Insting seorang hewan memang berbeda dengan manusia. Karena itulah kita tidak bisa memaksakan kehendak kita untuk memaksa kucing menjaga anak-anaknya di tempat yang telah kita persiapkan. Meski sebagus apa pun tempat tersebut, percuma saja jika induk kucing tidak menyukainya.

Karena itulah, kamu harus mengetahui beberapa alasan mengapa induk kucing suka memindahkan anak-anaknya di bawah ini.

1. Terlalu Terbuka dan Terang

Anak Kucing
Anak Kucing | Vitapet

Alasan pertama yang menyebabkan induk kucing memindahkan anaknya ke tempat lain adalah karena tempatnya terlalu terbuka dan terang. Terlebih lagi jika tempat tersebut sangat mudah dijangkau oleh cahaya matahari, pastinya hal tersebut akan menganggu anak-anaknya ketika beristirahat.

Bukan hanya anaknya saja, induk kucing juga tidak menyukai tempat persembunyian yang terlalu terbuka dan terang. Dengan kata lain, induk kucing lebih menyukai tempat yang gelap dan minim cahaya.

2. Gampang Dijangkau Manusia dan Hewan Lainnya

Induk Kucing Suka Memindahkan Anaknya Karena Dekat Dengan Jangkauan Manusia Dan Hewan Lain
Anak Kucing | Best Friends

Induk kucing tidak menyukai jika tempat peristirahatan anaknya dekat dengan jangkauan manusia. Apalagi ketika tempat tersebut sering dilalui oleh manusia yang terkadang mencoba menganggu anaknya.

Selain manusia, induk kucing juga tidak ingin tempatnya tersebut dekat dengan hewan-hewan lainnya, seperti tikus, serangga, dan sebagainya. Maka dari itu, induk kucing lebih memilih tempat yang jauh dari jangkauan manusia dan terhindar dari hewan-hewan pengganggu.

3. Suhu Lingkungan yang Tidak Mendukung

Anak Kucing 2
Anak Kucing | Thriftyfun

Induk kucing memiliki perasa yang sangat kuat. Di saat cuaca sedang panas, induk kucing akan mencari tempat yang sejuk dan hal ini juga berlaku sebaliknya. Cuaca yang tidak stabil dapat membuat anak kucing menjadi mudah sakit.

Untuk memastikan anaknya tidak sakit, maka induk kucing akan memindahkan anaknya sesuai dengan suhu di sekitarnya.

4. Sumber Makanan

Alasan Induk Kucing Memindahkan Anaknya Untuk Dekat Dengan Sumber Makanan
Kucing Makan | Catsdom

Kucing merupakan hewan yang membutuhkan makanan yang cukup sebagai energi setelah tenaganya terkuras banyak ketika melahirkan. Selain itu, induk kucing juga membutuhkan sumber makanan yang sesuai agar nutrisi dalam tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Jika nutrisi induk kucing tidak tercukupi, maka kualitas dari susunya pasti akan berkurang.

Karena itulah induk kucing memindahkan anaknya ke tempat yang banyak sekali sumber makanan. Biasanya tempat tersebut adalah dapur atau ruangan yang dekat dengan dapur.

5. Lingkungan yang Berisik

Lingkungan Yang Berisik
Kucing Lucu | Extrabonplan

Sama seperti manusia, jika tempat istirahatnya dekat dengan suara-suara berisik pastinya induk dan anak kucing merasa tidak nyaman. Bisa-bisa suara-suara berisik tersebut dapat membuat anak kucing mengalami stress dan sakit.

Untuk menghindari anaknya mengalami stress hingga sakit, induk kucing akan mencari tempat yang jauh dari keramaian, bising, dan lebih memilih tempat yang sepi.

6. Terlalu Kotor

Alasan Induk Kucing Memindahkan Anaknya Tempat Yang Kotor
Kandang Kucing | Shutterstock

Siapa bilang kucing merupakan hewan yang kotor? Kucing juga menyadari jika tempat dirinya beristirahat telah jauh dari kata bersih. Tempat yang terlalu kotor akibat kotoran anak kucing, bisa membuat induk kucing merasa risih dan takut anak-anaknya terkena penyakit karena bakteri dari kotoran tersebut.

Maka dari itu, penting untuk kamu selalu membersihkan tempat induk dan anaknya tersebut ketika beristirahat. Pastikan setiap kotoran yang baru saja ada langsung dibersihkan sampai sebersih-bersihnya.


Nah, itulah 6 alasan atau penyebab induk kucing memindahkan anaknya ke tempat lain. Agar induk kucing tidak melakukan hal demikian, pastikan hindari keenam hal di atas ya. Kunjungi selalu Bebaspedia agar selalu mendapatkan informasi terbaru seputar kucing lainnya.

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN