Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras

in
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keraskamu dan pasangan?

Banyak sekali dalil-dalil Al-Quran dan hadis yang menjelaskan yentang penyebab hati menjadi keras dan hati menjadi lembut. HATI merupakan mahkota bagi tubuh, selain itu kondisi hati juga bisa menjadi cermin pada perilaku sehari-hari. Tentu hal itu ada sebab-sebabnya, sehingga hati itu menjadi keras atau menjadi lembut.

Rasulullah bersabda. “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Berikut ini terdapat 5 hal yang menjadi penyebab hati menjadi keras.

1. Bicara tanpa keperluan atau bicara berlebihan

Berlebihan Dalam Berbicara
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras |bincangsyariah

Dari  Ibnu Umar berkata bahwa Rasululla bersabda,

“Janganlah kalian banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah, karena banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah membuat hati menjadi keras, dan orang yang paling jauh dari Allah adalah orang yang berhati keras.” [HR Tirmidzi]

2. Banyak tertawa tanpa sebab

Ilustrasi Tertawa Istock
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras |tirto

tertawa memang diperbolehkan, asal jangan sampai terbahak-bahak dan berlebihan.

Seperti yang disampaikan Aisyah RA bagaimana Rasulullah tertawa,

“Tidak pernah aku melihat Rasulullah SAW tertawa hingga tampak bagiku langit-langitnya, melainkan beliau hanya tersenyum.”

3. Makan secara berlebihan

201702201742777 B
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras |nationalgeographic.grid

Rasulullah bersabda,

“Tidak ada wadah paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 untuk napas” (HR.Tirmidzi)

4. Teman yang buruk

Pengaruh
Hindari, 4 Hal yang Menyebabkan Hati Menjadi Keras |bumbumtips.blogspot

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengingatkan, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628).


Semoga kita bisa terhindar dari hal-hal yang menyebabkan hati menjadi keras. Wallahu a’lam bis shawab. Baca juga Manfaat Membaca Al-Quran Ketika Hamil yang Jarang Diketahui(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini