3 Obat Alami Untuk Batuk Berdahak

in
3 Obat Alami Untuk Batuk Berdahak
3 Obat Alami Untuk Batuk Berdahak | Source: liputan6.com

Batuk tentu saja sangat mengganggu, apalagi ketika disertai dengan dahak, terkadang itu adalah hal yang menyebalkan.

Apalagi disaat kita sedang menjalni aktivitas seperti bekerja maupun berlibur. Batuk tentu saja sangat mengganggu, apalagi ketika disertai dengan dahak, terkadang itu adalah hal yang menyebalkan.

Ketika setiap hari anda memproduksi 1-1,5 liter lendir, saat berlebihan, maka bisa terjadi batuk berdahak. Lendir ini tentu licin dan berserat. Lendir yang menumpuk dan melapisi paru inilah yang menyebabkan batuk berdahak.

Berikut Adalah Beberapa Bahan Alami Penyembuh Batuk Berdahak

1. Air putih hangat

Air Putih Hangat
Manfaat air putih hangat | Source

Air putih hangat ternyata bisa membantu meredakan batuk berdahak lho guys! Batuk berdahak menyebabkan lendir yang melapisi saluran pernafasan menjadi semakin tebal, dengan kita meminum air putih hangat saat batuk berdahak, maka akan mencegah penebalan lendir pada saluran pernafasan. Juga membuat lendir lebih mudah dikeluarkan.

Memang dianggap sepele, namun ternyata air putih hangat ini sangat manjur jika digunakan. Batukmu juga tidak terlalu menyiksa dan meredakan nyeri akibat batuk yang terus menerus. Tenggorokan juga menjadi hangat dan lebih baik.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab Mimpi Buruk Ketika Demam

2. Madu

Madu
Manfaat madu | Source

Karena memiliki sifat antiradang, madu cocok sekali dijadikan sebagai obat alami batuk berdahak. Kamu dapat melakukannya dengan mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air putih hangat, lalu minum secara rutin setiap hari. Madu ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah bakteri membuat batuk berdahak semakin parah.

Sedikit himbauan agar obat alami ini hanya boleh digunakan oleh usia diatas 5 tahun, kurang baik jika diminum oleh anak dibawah 1 tahun.

3. Jahe

Jahe
Manfaat jahe | Source

Hangatnya jahe dapat membuat batuk berdahak mu mereda. Jahe juga dapat menghilangkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Rempah yang pedas ini juga terbukti mampu memberikan manfaat pada sistem pernafasan dan pencernaan.

Melemaskan otot-otot rahang dan tenggorokan juga dapat dilakukan dengan meminum jahe. Kamu dapat mengaplikasikan jahe menjadi beberapa minuman seperti sekoteng, bandrek, teh jahe, wedang jahe, bahkan kamu dapat membuat sup ayam jahe yang hangat.

Nah gengs! Jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberi komentar dikolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT •
9 Hal yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

Berikan Nilai Untuk Konten ini