5 Makanan yang Bisa Membuat Tubuh Lelah

in ,
fe79efd52fea9eebde17ad590ac1ad79
Credit Picture: Pinterest

Menjalani aktivitas seharian, akan membuat tubuh lelah. Sehingga tubuh butuh beristirahat dengan tidur siang yang cukup, dan tidur di malam hari.

Selain bisa mengembalikan energi dengan cara tidur, mengonsumsi makanan juga bisa memulihkan tenaga pada tubuh. Namun, kita juga harus selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi.

Ada beberapa makanan justru membuat tubuh kita menjadi lelah dan lemas. Hal ini berakibat kita tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas. Ternyata, jika tubuh kita mendapat terlalu banyak asupan kalsium, magnesium, triptofan, makanan yang punya indeks glikemik tinggi, vitamin B-6, dan lemak, tubuh kita justru akan menjadi lelah.

Lalu, makanan apa saja kah yang bisa menyebabkan tubuh kita lelas?

1. Roti

Ilustrasi Roti Dan Selai 20170907 095835
Roti | Surya Tribun

Karena praktis dan bisa dimakan di mana saja, roti dengan selai oles atau sekedar dipanggang menajadi menu sarapan favorit. Namun, roti mengandung indeks glemik yang tinggi, hal ini membuat roti menjadi salah satu makanan yang bisa membuat tubuh lemas dan lelah.

2. Pisang

22342 Pisang
Pisang | bobo.grid.id

Pisang merupakan salah satu makanan yang bisa membuat kita lemas dan ngantuk setelah mengonsumsinya. Karena pada pisang terdapat magnesium yang tinggi sehingga menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah.

ARTIKEL TERKAIT •
Dikenal Sebagai Penyebab Penyakit, Ini Perbedaan Bakteri Dan Virus

Magnesium memiliki peran mematikan sementara adrenalin, yaitu hormon kewaspadaan. Itu karena magnesium dalam tubuh mengatur siklus tidur, dan menenangkan sistem saraf.

Itulah mengapa kita bisa mudah ngantuk dan terasa lelas jika mengonsumsi pisang secara berlebihan.

3. Susu

Apakah Pengidap Intoleransi Laktosa Masih Bisa Minum Susu
Susu | Hallodoc

Susu merupakan jenis minuman yang mengandung triptofan dan kalsium yang tinggi. Kedua zat yang memicu munculnya hormon serotonin. Serotin merupakan salah satu hormon dalam tubuh yang mengendalikan suasana hati dan kondisi rileks.

Intensitas serotin yang tinggi membuat tubuh santai. Serototin kemudian akan memproduksi melatonin, yaitu hormon yang membuat ngantuk.

4. Daging merah

Cara Menjaga Kelezatan Daging Merah Agar Tetap Bersahabat Alodokter
Daging merah | Alodokter

Daging merah merupakan sumber zat besi yang membantu tubuh menghasilkan energi. Selain itu, ternyata daging juga mengandung lemak.

Lemak yang kemudian masuk ke dalam tubuh lalu diproses dengan cepat, yang membuat tubuh bekerja lebih keras, sehingga energi kita akan lebih cepat habis.

Hal ini akan membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk setelah mengonsumsi daging, terutama jenis daging merah.

5. Ikan

Grilled Salmon And Vegetables
Ikan Salmon goreng | smartmama

Ikan merupakan makanan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, terutama pada anak-anak. Hal itu karena ikan mengandung salah satu dari 20 asam amino penyusun protein, yaitu triptofan.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, dan Pilek

Selain triptofan, beberapa jenis ikan seperti ikan salmon mengandung vitamin B6 dengan kadar yang tinggi. Vitamin B6 juga diperlukan dalam pembuatan melatonin. Triptofan juga akan diubah vitamin B6 menjadi melatonin. Sehingga tubuh akan merasa mudah lelah dan mengantuk.

Berikan Nilai Untuk Konten ini