Jangan Mengunggah Foto Tiket Perjalanan, Ternyata Berbahaya

in
Tiket Pesawat 750x375
Credit Picture: Suarapalu

Liburan akhir tahun sudah tiba, terlebih terdapat dua perayaan besar yaitu Natal dan Tahun baru. Kalian sudah mempersiapkan rencana liburan kan?

Ketika kita akan pergi ke luar kota, terkadang kita harus menggunakan kereta api atau bahkan pesawat, nah apakah kalian pernah memotret tiket perjalanan kalian kemudian menguploadnya ke sosial media? Ternyata hal ini sebaiknya tidak dilakukan, menurut Noem Rotem, seorang peneliti keamanan, hal tersebut berbahaya.

Lalu, mengapa mengunggah foto tiket perjalanan tidak boleh dilakukan?

Terdapat Data Diri Pribadi

Jika kita perhatikan tiket perjalanan kita, kita akan menemukan nama penumpang, tanggal keberangkatan, nomor duduk penumpang, barcode, nama armada, maskapai penerbangan, atau nama alat transportasi.

Terkadang terdapat nomor identitas pada selembar tiket yang kita miliki. Bahkan meskipun hanya sedikit saja kita memperlihatkan informasi mengenai tiket perjalanan kita, menurut Noem, tetaplah berbahaya.

Hal itu sudah dibuktikan oleh Noem dengan melakukan penelitian di situs pemesanan tiket secara online. Hanya dengan input enam kode yang tertera pada barcode di tiket perjalanan kita, seseorang bisa melihat berbagai informasi, yaitu tujuan perjalanan, tanggal perjalanan, nomor kursi penumpang.

ARTIKEL TERKAIT •
Menkominfo Resmi Cabut Pembatasan Akses Sosial Media

Data Penumpang Bisa Diubah

Jika seseorang sudah mendapatkan akses tersebut, ia bisa dengan mudah mengubah atau membatalkan perjalanan yang tertera pada tiket itu. Selain itu, data penumpang yang tertera pada tiket perjalanan tersebut bisa diubah menjadi data pribadi peretas.

Ia bisa saja mengubah rute perjalanan atau membatalkannya. Peretas juga bisa menyalahgunakan data pribadi kita untuk hal-hal yang tentu saja merugikan diri kita.

Terlebih, saat ini memesan dan mengurus tiket perjalanan bisa dilakukan dengan sangat mudah, pemesanan atau pembatalan bisa dilakukan secara online dengan cara memasukan data-data yang diperlukan.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang dihindari untuk mengunggah foto tiket perjalanan di sosial media. Karena seperti yang sudah kita bahas di atas, hal tersebut bisa berbahaya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini