5 Manfaat Menyehatkan Signifikan Dari Sering Minum Black Tea

in
Black Tea~1
Black Tea | India.com

Siapa sih dari kita yang gak suka minum teh? Pasti suka kan? Selain menyegarkan, juga sehat pula. Tapi gue mau nanya nih, teh jenis apa yang kalian sering konsumsi?

Gue yakin pasti banyak dari kita yang seringnay mengkonsumsi teh biasa atau yang berwarna kecokelatan itu atau, mungkin teh hijau (green tea). Gak masalah memang.

Tapi coba deh mulai sekarang cobain bahkan, biasain minum teh hitam aka black tea. Pasalnya banyak yang tidak sadar atau mengetahui, kalau teh hitam, justru lebih banyak memiliki efek menyehatkan yang sangat signifikan terhadap tubuh kita daripada kedua jenis teh top tersebut.

Wah, apa saja tuh efek menyehatkan signifikannya? Yuk langsung simak saja pembahsannya berikut ini.

1. Terus Menjaga Stamina / Energi Kita

Main Qimg 8a631eda374281affe5567a76e2c82e1 C
Jauh lebih ampuh bikin melek terus daripada kopi | Quora

Umumnya, untuk menyeharkan tubuh, kita-kita (terlebih pria), sangat mengandalkan kopi. Dan gak salah sih. Karena senyawa kafein di dalam kopi memang bisa membuat kita “melek” terus.

Tapi faktanya, teh hitam juga bisa memberikan efek tersebut loh. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung senyawa L-theophylline. Senyawa tersebut, bisa dikatakan kafein-nya teh hitam.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Rekomendasi Pencukur Bulu Hidung yang Aman

Alhasil, mampu memberikan kita energi tambahan secara terus-menerus (continuous).

2. Mencegah Kanker

Intro 1578590561
Bagus untuk penderita kanker! | The List

Sperti yang dilansir dari Curious Mob, hampir di seluruh jenis teh namun khususnya, teh hijau dan teh hitam, mengandung senyawa bernama polyphenols.

Senyawa tersebut, bisa banget untuk mencegah formasi karsinogen atau sel kanker dini. Selain itu minuman ini juga mengandung senyawa yang disebut dengan TF-2.

Senyawa ini mampu meng-apoptosis (membunuh) potensi sel kaknker. Oh ya, the hitam juga mengandung catechins. Catechins adalah senyawa antioksidan super kuat yang mampu melawan bahkan menghilangkan sel penyebab kanker.

Berdasarkan beberapa studi yang pernah dilakukan, terungkap bahwa dengan sering minum teh hitam, kita bisa terhindar dari jenis-jenis kanker berbahaya seperti: Kanker perut, kanker prostat, dan bahkan kanker payudara.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Black Tea Benefits 1296x728 Feature1
Membuat jantung jauh lebih sehat | Healthline

Polyphenols di dalam teh hitam faktanya juga kayak akan antioksidan. Dan gokilnya, zat antioksidannya, tidak terbatas atau unlimited.

Nah di dalam zat anti oksidan-nya tersebutsenyawa anti oksidan-nya kaya akan flavomoid. Seluruh kombinasi ini ternyata, mampu mencegah terjadinya oksidasi di kolesterol LDL. Alhasil pencegahan di araea tersebut, mampu mencegah seseorang untuk terkena penyakit jantung.

ARTIKEL TERKAIT •
Penjelasan Tentang Kesehatan Saat Tertawa

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Tea For Digestion 1296x728 Feature1
Sistem Pencernaan menjadi lebih lancar | Healthline

The hitam mengandung senyawa Tannin. Senyawa ini mampu membantu kerja sistem pencernaan kita secara alami.

Alhasil dengan fungsi tersebut, otomatis Tannin, juga mampu mencegah atau bahkan menghentika segala bentuk penyakit di usus, lambung, pokoknya yang ada di sistem pencernaan kita (termasuk yang sering kita alami, GERD).

Jadi bagi kamu-kamu yang sering banget kena GERD, rasanya inilah alasan terbaik kamu untuk mulai sekarang, mengkonsumsi teh hitam.

5. Baik Untuk Kesehatan Rambut & Kulit

Skin Care 01 Thumb1576066187
Wajah bisa kinclong alami! | Femina.in

Vitamin-vitamin dan mineral-mineral yang ada di dalam teh hitam, mampu memelihara kehalusan / kecantikan kulit kita secara alami (dari dalam).

Zat / senyawanya, mampu mencegah tumbuhnya jerawat serta kerutan di wajah. Selain itu, senyawa antioksidan teh-nya, juga mampu merangsang pertunbuhan rambut dan mencegah kebotakan di usia tua.

Bagaimana tuh guys? Keren banget kan ternyata manfaat-manfaat dari minum teh hitam? Kalau kamu memang gak suka minumnya, bisa digantikan alternatif-nya, dengan mencampurkan teh hitam ke dalam air mandi (bath water).

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Orang yang Sakit Wajahnya Terlihat Pucat?

Pokoknya mau menggunakan metode apapun itu, yuk mulai rajin lagi deh minum teh hitam-nya oke?

Berikan Nilai Untuk Konten ini